Bupati Pelalawan Minta Penyusunan RKPD 2024 Prioritaskan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat

- Selasa, 14 Maret 2023 | 11:01 WIB
Pembukaan Forum Perangkat daerah Tahun 2023
Pembukaan Forum Perangkat daerah Tahun 2023

HALUANRIAU.CO, PELALAWAN - Bupati H. Zukri buka langsung kegiatan Forum Perangkat Daerah (FPD) tahun 2023 dalam rangka penyusunan RKPD dan Renja perangkat daerah tahun 2024.

Bupati Pelalawan H. Zukri dalam sambutannya menyampaikan dan menegaskan agar bisa menyatukan visi dan misi RPJMD dalam mensejahterakan masyarakat. Dalam rangka mencapai visi dan misi rakyat sejahtera itu diperlukan insfrastruktur sebagai pendukungnya. Ucap Bupati, di lantai III Auditorium Kantor Bupati Pelalawan, Senin, 13/3/2023

Majunya infrastruktur akan menciptakan variable yang di dalamnya akan menciptakan majunya sumber daya manusia. Untuk mencapai target rakyat yang sejahtera di butuhkan insfrastruktur yang baik. Maka melalui forum RKPD ini perlu menjadi prioritas bersama yaitu harus diprioritaskan terlebih dahulu yang akan memberikan dampak lebih besar terhadap perekonomian rakyat.

Baca Juga: Danramil 0321- 05/RM Hadiri Isra Mi'raj di Masjid An - Naba Bangkolestari

"Kalau akses rakyat tersebut terkendala maka akan berdampak buruk bagi perekonomian rakyat, bahkan akan berpengaruh besar terhadap daya beli masyarakat,jika daya beli masyarakat menurun akan memberikan dampak terhadap UMKM, bisa di pastikan UMKM tidak bergerak".jelas Zukri

Agar infrastruktur itu tidak mubazir dan bisa digunakan oleh masyarakat, maka kedepannya setiap pembangunan harus ada perencanaan yang matang, jangan asal-asalan, sehingga tidak mubazir.

Selanjutnya Bupati Pelalawan menyampaikan bahwa pada tahun ini pemerintah Kabupaten Pelalawan akan memulai melalui Big Data melalui Perbub, bahwa penerima bantuan pemerintah didalamnya Minimal 50 persen adalah orang miskin.

Baca Juga: Wujudkan Prestasi dan Kesejahteraan Atlet, KONI Gandeng Perusahaan di Riau

"Kalau didalam bantuan proposal kelompok tersebut tidak ada orang miskin minimal 50 persen, proposal nya sudah pasti ditolak. Pedoman untuk menentukan nya nanti, yaitu NIK penerima bantuan ada warna hijau berarti Sejahtera, kalau berwarna kuning Miskin, jika berwarna merah berarti Ekstrim miskin," ujar Bupati.

Bupati Zukri kembali menegaskan, percuma menyiapkan program banyak-banyak jika pemerintah tidak bisa mensejahterakan rakyatnya. Kalau rakyat sejahtera sudah bisa dipastikan stunting di Kabupaten Pelalawan ini menurun tajam.

Diakhir sambutannya Bupati menyampaikan harapannya bahwa prioritas ini agar bisa menjadi komitmen bersama. Diharapkan DPRD Pelalawan juga berkomitmen bersama dan mendukung pemerintah supaya komitmen ini bisa dijalankan bersama-sama,harap Bupati. (Raf)

Editor: Taufik Ilham

Terkini

X