Maraknya Kasus Curat, Kapolsek LTD Ajak Warga Aktifkan Siskamling

- Jumat, 10 Maret 2023 | 10:02 WIB
Kapolsek Logas Tanah Darat, Iptu Dodi Hajri (Yendri/HRC)
Kapolsek Logas Tanah Darat, Iptu Dodi Hajri (Yendri/HRC)

HALUANRIAU.CO, KUANTAN SINGINGI - Dengan maraknya kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) yang terjadi di Kecamatan Logas Tanah Darat kurun waktu tiga bulan terakhir tahun 2023. Polsek Logas Tanah Darat Polres Kuantan Singingi mengajak masyarakat mengaktifkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) untuk mencegah timbulnya kamtibmas dan mempersempit ruang gerak pelaku tindak kejahatan.

"Kapolres AKBP Rendra Oktha Dinata mengajak masyarakat mengaktifkan sistem keamanan di lingkungan masing-masing supaya kampung kita, rumah kita menjadi aman," ujar Kapolsek Logas Tanah Darat, Iptu Dodi Hajri kepada Haluanriau.co, Jum'at (10/03/2023).

Dodi Hajri mengatakan, tugas menjaga keamanan lingkungan akan terlaksana jika Pemerintahan Desa, masyarakat dengan pihak kepolisian berkerjasama.

"Salah satu kendala yang dihadapi ya dengan jumlah personil yang terbatas, tentu kita berharap, Pemerintahan Desa dan Masyarakat saling bekerjasama dalam mewujudkan kamtibmas di Desa kita masing-masing," ujar Dodi.

"(Umpama, red) misalnya mengaktifkan kembali ronda masyarakat, ronda keliling, agar ruang gerak pelaku kejahatan jadi terbantahkan (mengurungkan niat)," jelas Dodi.

Dia menilai siskamling dengan melibatkan peran aktif masyarakat adalah salah satu cara efektif mencegah tindak kejahatan.

"Pelaku melakukan kejahatan karena ada niat dan kesempatan, karena para pelaku bisa membaca gerak petugas di lapangan. Apabila kita melakukan pencegahan dengan baik akan lebih baik daripada menjadi korban kejahatan," ujarnya.

Meski demikian dia memastikan polisi akan tetap berperan aktif dalam menjaga keamanan masyarakat.

Baca Juga: Perampok Bersenpi Todong Karyawan Alfamart, Gasak Uang Tunai Rp162.000

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X