Ukraina Lengkapi Delapan Besar EURO 2020

- Rabu, 30 Juni 2021 | 07:38 WIB
Swedia vs Ukraina
Swedia vs Ukraina

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Lengkap sudah delapan tim yang mengisi semifinal EURO 2020. Ukraina berhak mengisi jatah terakhir perempat final setelah menang atas Swedia 2-1.

Gol besutan Andre Shevchenko itu diciptakan Oleksandr Zinchenko menit 27 yang sempat disamakan Swedia melalui Emil Forsberg di menit 43 dan kemenangan Ukraina ditentukan pada babak perpanjangan waktu bahkan sudah memasuki injury time menit 121 melalui Artem Dovbyk.

Duel dua tim kuda hitam mengakhiri rangkaian babak 16 besar EURO 2020. Delapan tim sudah menempati bagan masing masing dana akan saling jajal di babak delapan besar/perempat final.

Belgia akan menghadapi Italia, Swiss hadapi Spanyol, Ceko Bertemu Denmark dan Ukraina versus Inggris.

Denmark menjadi tim pertama yang berhasil lolos setelah menyingkirkan Wales dengan skor telak 4-0 pada laga babak 16 besar yang digelar di Amsterdam Arena, Sabtu (26/6/2021) malam WIB. Langkah Denmark lalu disusul oleh Italia yang menyegel tiket babak 8 besar Euro 2020 dengan membungkam Austria.

Bertanding di Stadion Wembley, London, Minggu (27/6/2021) dini hari WIB, Italia harus bermain hingga extra time untuk mengalahkan Austria dengan skor 2-1. Rangkaian jadwal babak 16 besar Euro 2020 pada hari berikutnya, Minggu malam WIB hingga Senin (28/6/2021), menghadirkan lebih banyak kejutan.

Republik Ceko secara mengejutkan sukses menaklukkan Belanda dengan skor 2-0, sedangkan Belgia menyingkirkan Portugal dengan skor 1-0. Belanda tersingkir karena dua gol yang dicetak pemain Republik Ceko, Tomas Holes dan Patrik Schick.

Sementara itu, Portugal keok di tangan Belgia lantaran gol yang dicetak Thorgan Hazard pada menit ke-42. Tersingkirnya Portugal membuat peluang Cristiano Ronaldo untuk memecahkan rekor gol terbanyak di dunia pada Euro 2020 ini terpaksa tertutup.

Kejuatan lainnya, Swiss berhasil mengalahkan Prancis setelah sebelumnya sempat tertinggal 3-1, kemudian samakan kedudukan 3-3 dan menang adu tendangan 12 pas dengan skor 4-5 setelah andalan Prancis Kylian Mbappe gagal mengeksekusi tendangan pinalti.

Sebelumnya Spanyol juga harus bertarung habis habisan untuk lolos ke delapan besar menghadapi Kroasi.

Skuad berjuluk La Furia Roja itu menang dengan skor 5-3 atas Kroasia dalam laga yang juga harus berlangsung hingga extra time. Daftar negara yang lolos ke 8 besar Euro 2020 pun dilengkapi dengan kesuksesan Inggris dan Ukraina memenangi laga babak 16 besar, pada Rabu dini hari WIB tadi.

Editor: Eka Buana Putra

Terkini

X