Kejutan, Ceko Singkirkan Belanda

- Senin, 28 Juni 2021 | 10:24 WIB
belanda ceko
belanda ceko

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Meskipun lolos ke 16 besar secara dramatis, namun Republik Ceko mampu membuat kejutan dengan menyingkirkan tim unggulan, Belanda dengan skor 2-0. Bahkan tim Oranje seperti tak berdaya didahapan Ceko.

Duel Belanda vs Ceko dipanggungkan di Puskas Arena, Budapest, Minggu (27/6/2021). Kedua tim bermain tanpa gol di sepanjang babak pertama.

Setelah turun minum, Belanda mesti bermain dengan 10 orang setelah De Ligt diganjar kartu merah usai melakukan hand ball. Ceko memanfaatkan keunggulan jumlah pemain untuk menang dengan mencetak dua gol dari Tomas Holes dan Patrik Schick.

Dengan hasil ini, Republik Ceko berhak atas satu tempat di babak delapan besar Euro 2020 untuk berjumpa dengan Denmark. Pertandingan itu akan dilangsungkan di Baku, Azerbaijan pada 3 Juli mendatang.

Sebuah ironi memang tercipta di laga ini. Belanda yang begitu garangnya di fase grup, bahkan menjadi juara grup dengan hasil sempurna 9 poin, harus mati kutu dihadapan Ceko pada babak perempat final. Jadilan perjuangan Oranje antiklimaks.

Memang harus diakui, permainan Belanda mulai kendor pasca dikartu merahnya Matthijs De Ligt, hingga akhirnya harus kebobolan dua gol.

Wasit Sergey Karasev pada awalnya hanya menghukum De Ligt kartu kuning. Namun, Sergey Karasev menaikkan hukuman itu menjadi kartu merah setelah melihat layar Video Assistant Referee (VAR).

De Ligt langsung dihukum kartu merah karena dia adalah orang terakhir di garis pertahanan timnas Belanda ketika melakukan pelanggaran handsball.

 

 

Sumber: detik.com

Editor: Eka Buana Putra

Terkini

X