Pemerintah Resmi Suntik Rp7,5 triliun untuk Garuda Indonesia

- Jumat, 2 Desember 2022 | 18:30 WIB
Ilustrasi Garuda Indonesia
Ilustrasi Garuda Indonesia

HALUANRIAU.CO, BISNIS - Pemerintah resmi suntik PT Garuda Indonesia Tbk(GIAA) dalam bentuk tambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) ke dalam sahamnya sebesar Rp7,5 triliun.

Hal tersebut tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2022. Dalam PP tersebut dijelaskan bahwa dana tersebut bersumber dari APBN Tahun 2022.

"Besarnya nilai penambahan penyertaan modal negara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan oleh Menteri Keuangan berdasarkan hasil pelaksanaan penerbitan saham baru yang disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara," bunyi butir ketiga dari pasal 2 dalam PP tersebut, dikutip Jumat (02/12/2022).

PT Garuda Indonesia Tbk sendiri merupakan salah satu perusahaan plat merah. Pada Oktober lalu, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra sempat menjelaskan, misi restrukturisasi ini menjadi sebuah fundamen penting atas langkah transformasi kinerja usaha guna menjadikan Garuda sebagai entitas bisnis yang semakin adaptif, agile dan berdaya saing menghadapi outlook tantangan kinerja usaha ke depannya.

Sejumlah strategi dilakukan Garuda di tengah masa pemulihan salah satunya melalui restrukturisasi kontrak sewa pesawat hingga renegosiasi biaya sewa pesawat, simplifikasi jenis armada hingga sinergi perluasan konektivitas udara antara Garuda Indonesia dan Citilink.

Garuda juga sempat berencana untuk melakukan right issue kembali di tahun depan untuk menampung modal kembali dari masyarakat. Pendekatan dengan investor-investor strategis pun terus dilakukan untuk pengembangan bisnis.

Baca Juga: Kejari Rohil Sosialisasi Peningkatan Demokrasi Pemilu 2024 di Kecamatan Rimba Melintang

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Detik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bersiap! Kemenkeu Godok Pajak 'Kenikmatan'

Selasa, 10 Januari 2023 | 15:57 WIB

Bakwan Sultan Pontianak, Makan Bakwan Sambil Sedekah

Rabu, 21 Desember 2022 | 21:51 WIB
X