Mendadak, Ruangguru Juga Ikutan PHK Ratusan Karyawan

- Jumat, 18 November 2022 | 17:47 WIB
Ruangguru  (Tangkapan Layar Aplikasi ruangguru)
Ruangguru (Tangkapan Layar Aplikasi ruangguru)

HALUANRIAU.CO, BISNIS - PT Ruang Raya Indonesia atau biasa dikenal dengan Ruangguru secara mendadak disebut melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) hampir 50 persen karyawannya.

Gelombang PHK di dunia startup dan industri teknologi kini tengah mengglobal. Meta, Twitter hingga Amazon sebelumnya telah merumahkan puluhan ribu karyawan mereka dalam rangka efesiensi.

PHK yang dilakukan oleh Ruangguru pada, Jum'at (18/11/2022) dimana dikutip dari CNBC Indonesia, Corporate Communicaton Ruangguru membenarkan isu tersebut dimana langkah tersebut diambil akibat situasi pasar global yang semakin memburuk.

"Hari ini Ruangguru melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan sebagian pegawai Ruangguru. Terdapat ratusan pegawai Ruangguru yang terdampak dari pemutusan hubungan kerja ini. Keputusan sulit ini diambil karena situasi pasar global yang memburuk secara drastis," kata Corporate Communicaton Ruangguru menjawab pertanyaan CNBC Indonesia.

Untuk pembayaran pesangon sendiri, para karyawan yang di PHK mendapatkan gaji penuh di bulan terakhir mereka bekerja dan juga memperpanjang asuransinya.

Baca Juga: Resign Massal Landa Twitter Akibat Kebijakan Baru Elon Musk

"Dibayarkan penuh tanpa potongan dan gaji bulan terakhir bekerja dibayarkan penuh. Kami pun juga memperpanjang asuransi bagi yang terdampak," tulis Ruangguru dalam pernyataannya.

"Ruangguru tetap optimis dengan prospek, kesempatan, dan posisi unik yang dimiliki oleh Ruangguru untuk terus memberikan akses terhadap layanan pendidikan berkualitas bagi semua. Kami juga ingin menyampaikan bahwa hal ini tidak berdampak pada layanan kami dan kepada seluruh pelanggan Ruangguru."

Sebelumnya, dikutip dari detik, beberapa karyawan ruang guru mendapatkan sebuah email berupa tatutan meeting online. Dalam meeting tersebut diberitahukan bahwa dirinya akan terkena PHK.

"Ini mendadak banget saya kan mulai kerja jam 9, jam 10-an dapat chat dari teman dia ngabarin dia kena PHK. Saya dan dia udah karyawan tetap posisinya nih. Dia dikabarin di email untuk invitation Google Meet soal pemberitahuan kena PHK. Saya cek email, ternyata saya dapet juga email atasan untuk meet itu," ungkap karyawan tersebut saat dihubungi detikcom, Jumat (18/11/2022).

Semua berlalu dengan cepat, tepat pukul 12 siang benar saja karyawan tersebut diminta untuk meeting online dan diberitahukan bila dirinya terdampak PHK. Alasan manajemen Ruangguru adalah efisiensi. "Jam 12-an meeting kita dikasih tahu deh kena PHK, katanya efisiensi," ceritanya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bersiap! Kemenkeu Godok Pajak 'Kenikmatan'

Selasa, 10 Januari 2023 | 15:57 WIB
X