BPOM Tuding PT Ciubros Farma dan PT Samco Farma Tak Penuhi Standar Produksi Obat Sirup

- Rabu, 9 November 2022 | 14:37 WIB
Ilustrasi Obat Sirup  (Shutterstock )
Ilustrasi Obat Sirup (Shutterstock )

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menuding PT Ciubros Farma dan PT Samco Farma telah lalai dikarenakan dalam memproduksi obat sirup, kedua perusahaan tersebut tidak memenuhi standar produksi yang membuat cemaran Etilen Glikol (EG) serta Dietilen Glikol (DEG) melebihi ambang batas.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BPOM, Penny K Lukito pada, Rabu (9/11/2022). Menurut Penny kedua perusahaan tersebut secara jelas telah melakukan kelalaian.

"Kelalaian ada, kesengajaan perlu pendalaman," ujarnya.

"Yang jelas ada kelalaian karena ada ketentuan-ketentuan CDOB, dimana sebuah PBF itu harus apabila dapat suplai dari distributor tertentu dia harus melakukan pemastian dikaitkan dengan mutu harus juga pastikan produsen atau distributor sebelumnya memang memenuhi ketentuan CDOB," tegas dia.

Klik di sini untuk mendapatkan voucher Pegadaian

Penny mengungkapkan bahwa setiap bahan baku yang akan diterima perusahaan farmasi harus terlebih dahulu dilakukan pengujian.

"Artinya, mutunya ada jaminan dan mereka harus menguji juga setiap bahan baku atau pelarut yg mereka terima, nah itu tidak ada catatan yang tunjukkan hal demikian, jadi saya kira teman-teman tidak asal lakukan tindakan sanksi ya, tanpa adanya kepastian itu tak dilakukan," kata Penny.

Diketahui, BPOM sendiri telah mengumumkan dua farmasi tersebut diduga tidak memenuhi standar produksi obat sirup dan memiliki memiliki cemaran EG serta DEG yang melebihi ambang batas.

Oleh karena hal itu, sertifikat Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) kedua perusahaan farmasi tersebut telah dicabut.

Baca Juga: Stand Expo Aksi Perubahan Diskominfosandi Kampar di Jakarta Ramai Dikunjungi Pengunjung

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bersiap! Kemenkeu Godok Pajak 'Kenikmatan'

Selasa, 10 Januari 2023 | 15:57 WIB

Bakwan Sultan Pontianak, Makan Bakwan Sambil Sedekah

Rabu, 21 Desember 2022 | 21:51 WIB
X