Luhut: Mungkin Minggu Depan BBM Naik

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:13 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan  (Instagram @luhut.pandjaitan)
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (Instagram @luhut.pandjaitan)

HALUANRIAU.CO, BISNIS - Menkomarvest, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa saat ini pemerintah tengah menghitung-hitung besaran kenaikan harga BBM bersubsidi.

Hal tersebut ia jelaskan saat Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin dimana nantinya mungkin minggu depan, Presiden Jokowi akan mengumumkan kenaikan harga BBM tersebut.

Kenaikan akan terjadi pada BBM jenis Pertalite dan Solar yang menurutnya sudah terlalu banyak disubsidi oleh Pemerintah.

"Menaikkan harga Pertalite yang kita subsidi cukup banyak dan juga itu solar, modeling ekonominya (hitung-hitungan) sudah dibuat. Nanti mungkin minggu depan Pak Presiden akan umumkan mengenai apa dan bagaimana mengenai kenaikan harga ini," papar Luhut.

Menurutnya, Presiden Jokowi sendiri mengindikasikan sudah tidak mungkin mempertahankan pengeluaran subsidi yang kian membengkak.

Baca Juga: Polda Riau Tersangkakan Ratusan Orang Kasus Perjudian, Sebut Penindakan Tak Ada Kaitan Dengan Sambo

Ia melanjutkan bahwa BBM Indonesia saat ini adalah yang paling termurah se-kawasan dan terlalu besar yang ditanggung oleh APBN.

"Presiden sudah indikasikan sudah tak mungkin kita pertahankan terus demikian," tegasnya.

"Kita ini harga BBM paling murah sekawasan ini, kita jauh lebih murah dari yang lain. Itu (subsidi BBM, red) terlalu besar kepada APBN kita," sebut Luhut.

"Karena kemarin subsidi kita Rp 502 triliun, kita harap bisa ditekan ke bawah. Misalnya dengan pengurangan motor dan mobil combustion diganti listrik, kemudian B40," sebut Luhut.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: detik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Beras Melonjak, Biaya Bahan Pangan Semakin Mahal

Selasa, 20 September 2022 | 12:20 WIB

Gandeng Sumitomo, Progres PLTA Kayan Signifikan

Selasa, 13 September 2022 | 15:44 WIB

Gerai ke 11, Eyesoul Hadir di Pekanbaru

Jumat, 9 September 2022 | 18:49 WIB
X