Pertamina Kembali Naikkan Harga Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:32 WIB
Lagi, Pertamina Naikkan Harga BBM. (Foto: mypertamina)
Lagi, Pertamina Naikkan Harga BBM. (Foto: mypertamina)

HALUANRIAU.CO, BISNIS - Harga Bahan bakar Minyak (BBM) non subsidi jenis Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite resmi naik lagi.

Dikutip dari laman resmi Mypertamina.id, penyesuaian resmi diberlakukan  pada, Rabu 03 Agustus 2022 pukul 00.01 WIB.

Sebelumnya, Pertamina telah menaikkan harga dari 3 bahan bakar minyak non subsidi tersebut pada 10 Juli 2022. Namun demikian, belum genap sebulan, Pertamina kembali menaikkan harga 3 jenis BBM tersebut.

Dikutip dari tribunnews penyesuaian harga tersebut dilakukan sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No.62 K/12/MEM/2020. Kenaikan ini berlaku di wilayah DKI Jakarta atau daerah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5%.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan bahwa penyesuaian ini mengikuti kenaikan harga patokan minyak mentah Indonesia atau ICP.

Baca Juga: Nekat, Maling Beraksi Siang Hari di Areal PT RAPP

“Penyesuaian harga secara berkala ini kembali dilakukan, dimana harga BBM non subsidi harganya fluktuatif mengikuti perkembangan terkini dari industri minyak dan gas, terutama harga minyak dunia atau ICP,” paparnya yang dikutip dari Kompas, Rabu 03 Agustus 2022.

Tercatat, harga ICP per- 2022 berada di angka 117,83 dolar AS per barel. Posisi tersebut masih lebih tinggi apabila dibandingkan harga ICP pada Januari 2022.

Menurut Irto, dengan harga ICP yang fluktuatif dan masih cukup tinggi, penyesuaian terhadap bahan bakar minyak non subsidi perlu dilakukan.

Irto juga memastikan bahwa 95% dari porsi BBM nasional antara lain Pertamax, Pertalite dan Solar tidak mengalami perubahan harga.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Kompas, Tribun, MyPertamina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

WK CPP Dikelola 100 Persen Daerah

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:03 WIB
X