Pajak Ekspor Kembali Normal, Harga TBS Diprediksi Alami Kenaikan

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:51 WIB

HALUANRIAU.CO, KUANTAN SINGINGI - Harga tandan buah segar (TBS) sawit mengalami kenaikan dan di prediksi akan menembus harga di kisaran Rp2.000,- per- kilogram. Mengingat menyusul dan normalnya pajak ekspor bea keluar (BK) yang berlaku untuk ekspor kelapa sawit.

Dengan mengacu kepada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 102/2022 tentang Penetapan Barang Ekspor (PBE) yang di kenakan bea keluar dan tarif bea keluar dalam rangka program percepatan penyaluran Crude Palm Oil (CPO), Refined, Bleached dan Deodorized Palm Oil (TBD PO), Refined, Bleached, and Deodorized Palm Olein (RBR Palm Olein) dan Used Cooking Oil (UCO) melalui Ekspor pasal 6 ayat (1) bahwa tarif BK yang diatur dalam PMK tersebut.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Kuantan Singingi, Imrialis mengatakan sangat mendukung kinerja Menteri Perdagangan atas usulan kebijakan penghapusan ekspor sehingga para petani sawit kembali bisa bernapas lega.

"Dengan penghapusan pungutan eksport yg dilakukan pemerintah kemaren mendapat angin segar bagi petani sawit, saat ini harga ditingkat petani sudah merangkak naik. Kita mendukung kementerian perdagangan atas usulan perpanjangan kebijakan penghapusan Pungutan Eksport agar harga dapat kembali normal seperti dulu," terang Imrialis kepada Haluanriau.co Rabu (03/08/2022).

Baca Juga: Pj Wako Muflihun Tanam Rumput Perdana di Lapangan Sepak Bola, Pembangunan Sport Center Pekanbaru Dimulai

Dikatakan nya, sebaiknya kebijakan ini jangan dipatok hanya batas waktu 1,5 bulan atau 2 bulan, cukup buat batas waktu yang tidak ditentukan saja sebab dengan otak atik kebijakan atau tidak adanya kepastian hukum  dari pemerintah akan berdampak kepada harga petani sawit.

"Dan hal ini tidak hanya di patok batas waktu 1,5 bulan atau 2 bulan saja, tapi dengan ambang batas yang tidak ditentukan," ujarnya

"Kalau pengusaha ibarat buih di atas air jika air pasang, buih terangkat naik jika air surut buih masih tetap di atas, intinya mereka tidak mau rugi yang akan tertekan itu adalah petani ini," ucap Dosen STIE Riau tersebut.

Namun, kata Imrialis, dengan kebijakan pemerintah mencabut Pungutan Eksport alhamdulillah harga sudah mulai merangkak naik dan hendaknya semakin hari harga jual TBS di masyarakat semakin meningkat juga, karena dengan mahal nya harga jual masyarakat, perekonomian akan semakin lancar.

Baca Juga: Pecinta Kucing Wajib Tahu! Kenali 4 Bahaya Bulu Kucing

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menteri LHK Dukung UMKM Petani Hutan Kampar Mendunia

Senin, 15 Agustus 2022 | 12:24 WIB

Cara Budidaya Tanaman Cabe Pelangi bagi Pemula

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 15:53 WIB

Harga TBS Sawit Turun Rp50,68 per Kg

Rabu, 12 Februari 2020 | 13:11 WIB
X