Perusahaan Catering Milik Garuda Indonesia Group Dikabarkan PHK Ratusan Karyawannya

- Selasa, 26 Juli 2022 | 18:12 WIB
Aerofood (aerofood.co.id)
Aerofood (aerofood.co.id)

HALUANRIAU.CO, BISNIS - PT Aerofood Indonesia anak usaha dari PT Aero Wisata yang merupakan bagian dari PT Garuda Indonesia (Persero) Group diabarkan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ratusan karyawannya.

Dikutip dari Tempo, menurut Ketua Umum Sekar Sejahtera ACS, Agus Sulistiyo menilai bahwa PHK terhadap 152 karyawan dari cucu perusahaan Garuda Group tersebut dilakukan secara sepihak oleh manajemen dan tampa adanya kesepakatan dengan para pengurus.

"Keputusan PHK tersebut dilakukan secara sepihak dan tanpa ada kesepakatan dengan kami selaku pengurus serikat pekerja Sekar Sejahtera ACS," ujar Ketua Umum Sekar Sejahtera ACS Agus Sulistiyo dalam keterangan tertulis, Selasa, 26 Juli 2022.

Agus menilai keputusan yang di lakukan manajemen Aerofood ACS tersebut telah bertentangan dengan undang-undang dan membuat karyawan menjadi resah serta dirinya menerangkan aksi yang dilakukan oleh manajemen tersebut juga telah bertentangan dengan perintah Presiden Jokowi.

Baca Juga: Ikuti Rapat Persiapan HUT RI ke-77, Kalapas Bangkinang Paparkan Persiapan Penerimaan Remisi Warga Binaan

"Sebagaimana pada beberapa kesempatan dalam berpidato, Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) sering mengingatkan agar semua pelaku usaha jangan melakukan PHK. Namun faktanya sekarang ini managemen PT Aerofood Indonesia sebagai anak perusahaan Garuda indonesia justru melakukan PHK secara sepihak," kata Agus.

"Bukan sibuk melakukan PHK secara sepihak terhadap aset perusahaan/karyawan. Padahal kami karyawan telah teruji dalam bekerja menyajikan menu termasuk melayani menu penerbangan VVIP/penerbangan Presiden Jokowi  dan tamu VVIP/tamu kenegaraan lainnya," kata dia.

"Untuk menjaga harmonisasi, kami mengingatkan agar semua keputusan manajemen yang terkait dengan hukum industrial wajib hukumnya dibicarakan terlebih dulu dan disepakati dengan kami selaku pengurus serikat pekerja," ucapnya.

Serikat Pekerja Sekar Sejahtera ACS menyatakan telah menyampaikan surat tertulis kepada Direktur Utama PT Aerofood Indonesia I Wayan Suseno. Surat itu juga ditembuskan ke Jokowi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, Komisi VI DPR RI, Disnaker Kota Tangerang, dan Seluruh Direksi serta Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. 

Dikutip dari detik, Aerofood Indonesia memakai brand Aerofood ACS adalah sebuah perusahaan yang memberikan layanan makanan penerbangan Indonesia. Ruang lingkup bisnis Aerofood meliputi in-flight catering service, in-flight logistic, industrial service dan commercial service.

Aerofood menyediakan sekitar 80.000 set makanan per hari kepada para penumpang untuk segala jenis penerbangan baik dalam dan luar negeri, mulai dari ATR, Boeing dan Airbus. Aerofood menyatakan telah melayani lebih dari 40 perusahaan komersial.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Beras Melonjak, Biaya Bahan Pangan Semakin Mahal

Selasa, 20 September 2022 | 12:20 WIB

Gandeng Sumitomo, Progres PLTA Kayan Signifikan

Selasa, 13 September 2022 | 15:44 WIB

Gerai ke 11, Eyesoul Hadir di Pekanbaru

Jumat, 9 September 2022 | 18:49 WIB
X