Terbaik Dalam Pelayanan, BRK Raih Peringkat Pertama Call Center BSE Award 2022

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:01 WIB
Sertifikat pelayanan terbaik I diterima BRK
Sertifikat pelayanan terbaik I diterima BRK

HALUANRIAU, JAKARTA-PT Bank Riau Kepri (BRK) dipercaya sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) Terbaik dengan Pelayanan Prima tahun 2021-2022 kategori ‘Call Center’ dengan peringkat I (Pertama). Prestasi itu berdasarkan berdasarkan hasil kajian Marketing Research Indonesia (MRI) yang dipublikasikan Majalah InfoBank. Predikat tersebut mencerminkan tingginya tingkat kepuasan nasabah terhadap layanan yang diberikan oleh Bank Riau Kepri.

Direktur Utama Bank Riau Kepri, Andi Buchari menyampaikan rasa syukur atas prestasi tersebut. Penghargaan itu diterima langsung oleh Pemimpin Cabang Jakarta Syahrul pada acara Infobank Banking Service Excellence Awards 2022, pada Kamis, 30 Juni 2022, di The Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta.

“Penghargaan ini menjadi pemicu bagi kami untuk terus berkomitmen meningkatkan kepuasan nasabah. Kami juga mengapresiasi kerja keras Insan Bank Riau Kepri atas kerja kerasnya melayani nasabah di seluruh wilayah Riau, Kepri dan Cabang Jakarta. BRK senantiasa berupaya memberikan layanan terbaik untuk nasabah,” kata Andi Buchari, Jumat (1/07/2022).

Predikat ini berdasarkan survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2022 yang dilakukan oleh MRI. MRI melakukan pengumpulan dan analisis data secara ekstensif terkait dengan customer experience dan kualitas pemberian layanan pada setiap touchpoint yang menjadi penghubung antara nasabah dengan bank yang digunakan. Terdapat 10 pemenang dari kategori bank umum konvensional, bank syariah yang terdiri atas 5 bank umum syariah (BUS) dan 5 unit usaha syariah (UUS), 10 bank pembangunan daerah (BPD), serta 9 bank digital.

Penghargaan didasarkan pada BSEM 2022 dilakukan melalui dua tahap riset. Pertama, ialah melalui serangkaian online workshop, in-depth interview, focus group discussions, dan online survey terhadap berbagai segmen konsumen untuk mengetahui tuntutan kebutuhan layanan nasabah dewasa ini.

Dan kedua, melalui pengukuran customer experience dengan mystery shopping ketika nasabah menggunakan berbagai produk atau layanan perbankan yang menjadi objek utama BSEM 2022. MRI mengukur operational efficiency dan proses layanan yang berlangsung melalui pengalaman nasabah dengan mengirimkan sejumlah shopper yang bertindak sebagai pelanggan sesungguhnya.

Survei mengulas dua kategori touchpoint perbankan, yaitu kantor cabang dan layanan digital, yang meliputi electronic banking (phone banking, SMS banking, mobile banking, dan internet banking), layanan pembukaan rekening online, digital branch, ATM, CRM, serta berbagai saluran layanan contact center. Tahun ini, ada sejumlah layanan yang turut dievaluasi untuk pertama kalinya, yakni layanan prioritas pada kategori kantor cabang dan aplikasi investasi, email, serta website.

Pekerjaan lapangan tersebut berlangsung sejak akhir 2021 sampai Maret 2022. Hasil penilaian kemudian menentukan pemenang dalam Infobank BSE Award 2022.

Chairman Infobank Media Group Eko B. Supriyanto menyatakan bahwa BSE award kali ini menjadi bukti bahwa industri perbankan masih sangat resilient di tengah kondisi krisis yang masih bergejolak.

“BSEM 2022 menunjukkan kita semua bahwa industri perbankan masih inovatif, dan berhasil menjaga kualitas layanannya tetap prima, sekalipun berada dalam era krisis,” ucap Eko ketika memberikan pidato sambutannya.

Eko pun berharap kinerja pelayanan industri perbankan dapat meningkat terus di waktu-waktu mendatang. “Semoga lembaga perbankan dapat memanfaatkan setiap momentum yang ada untuk berinovasi mewujudkan layanan yang semakin memenuhi kebutuhan konsumen,” tambah Eko.

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

WK CPP Dikelola 100 Persen Daerah

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:03 WIB
X