Jelang Idul Adha, Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia Minta Perum Bulog Serap Ternak Terkena PMK

- Jumat, 1 Juli 2022 | 09:44 WIB
Ilustrasi ternak sapi - Jelang Idul Adha, Kementerian Agama imbau umat muslim agar tak paksakan kurban (freepik.com / DejaVu Designs)
Ilustrasi ternak sapi - Jelang Idul Adha, Kementerian Agama imbau umat muslim agar tak paksakan kurban (freepik.com / DejaVu Designs)

HALUANRIAU.CO, BISNIS - Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI) meminta kepada Perum Bulog untuk menyerap Sapi dan Kerbau lokal dari para peternak Indonesia. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua PPSKI, Purus Subendro dimana hal tersebut ia ungkapkan sebagai akibat penurunan omzet yang mereka terima akibat wabah PMK yang menyerang ternak-ternak mereka.

"Seharusnya selama moment Iduladha peternak biasanya menikmati kenaikan harga 10 bahkan sampai 25 persen dari harga normal. Tapi karena adanya wabah PMK, mereka justru harus merasakan penurunan omzet antara 10 sampai 15 persen," ujar Nanang dalam webinar Forwatan 2022 dengan tema Idul Adha Dibayang-bayang PMK, Amanakah? dikutip, Jumat (1/7/2022).

Ia juga menjelaskan ternak-ternak yang terserang wabah PMK tersebut dipotong bersyarat dan akan menjadi stok Perum Bulog dibandingkan dengan perusahaan BUMN tersebut harus mengeluarkan devisa negara untuk membeli ternak dari India untuk kebutuhan stok dalam negeri.

Baca Juga: Putin Tawarkan Russian Railways dalam Kerjasama Pembangunan IKN Nusantara

Purus mengatakan nantinya ada dua keuntungan yakni Bulog mengambil ternak-ternak tersebut yakni, pertama adalah membantu menyelamatkan peternak dalam mengurani kerugian akibat PMK serta tidak membuang-buang uang untuk mendatangkan ternak dari India demi kebutuhan dalam negeri.

"Karena jumlahnya sudah bergerak sangat banyak maka kita meminta kepada pemerintah melalui Perum Bulog untuk sapi ini bisa menjadi buffer stock," ucapnya.

Baca Juga: 5 Jenis Fermentasi yang Baik untuk Kesehatan, Salah Satunya Kefir

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: inews

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X