Bakal Dilintasi Ribuan Pemudik, Ini Persiapan Yang Dilakukan PT Hutama Karya Sebagai Pengelola Tol Permai

- Senin, 18 April 2022 | 21:26 WIB
Tol Permai (Dolly/HRC)
Tol Permai (Dolly/HRC)

HALUANRIAU.CO, SIAK - Diketahui bersama, tahun sebelumnya pemerintah melalukan PPKM di seluruh wilayah Indonesia guna memutus mata rantai Covid-19.

Untuk tahun 2022, larangan mudik tidak lagi berlaku bagi warga minimal yang telah melakukan vaksin ke dua. Kabar tersebut tentunya disambut gembira oleh seluruh perantau di penjuru tanah air guna berkumpul bersama keluarga dihari yang fitrah.

Kepala Cabang Tol Pekanbaru-Dumai, Indrayana (Dolly/HRC)
Menyikapi hal tersebut, PT Hutama Karya (HK) melalui Branch Manager Tol Pekanbaru-Dumai, Indrayana memprediksi volume kendaraan yang melintasi ruas Tol Pekanbaru-Dumai mencapai jutaan kendaraan selama arus mudik hari raya Idul Fitri 1443 H.

"Puncak arus mudik Idul Fitri tahun 2022 ini diprediksi akan terjadi pada H-6 hingga H+6," ujar Kepala Cabang Tol Pekanbaru-Dumai, Indrayana kepada haluanriau.co. Senin (18/4).

Berdasarkan prediksi tersebut, berbagai persiapan khusus telah dipersiapkan PT. Hutama Karya sebagai pengelola Tol Permai. Itu semua dilakukan untuk memberikan pelayanan prima bagi pengguna ruas jalan Tol Pekanbaru-Dumai.

"Salah satunya yaitu terkait antrian yang acap kali terjadi di pintu keluar tol," ujar Kepala Cabang Tol Permai, Indrayana.

Baca Juga: Muscab Serentak Demokrat Riau Resmi Dibuka

Lebih jauh dia menjelaskan, Disini ada tiga pintu keluar tol yang sering terjadi kemacetan, yaitu pintu keluar Tol Pekanbaru, Kandis Utara, dan pintu keluar Tol Batin Solapan.

"Disana kita akan melakukan berbagai terobosan guna mengurai kemacetan, mulai dari pemasangan spanduk imbauan, menugaskan petugas kita yang akan menanyakan terkait saldo E-money pengendara, hingga menyiapkan mesin edisi asongan untuk menambah saldo," bebernya.

Selain itu, untuk mengantisipasi terjadinya laka lantas di sepanjang ruas Tol Permai, Indrayana juga menyampaikan bahwa pihaknya telah  membuat rumble strip sebanyak 20 titik di sepanjang ruas tol permai.

"Tidak hanya itu, di ruas Tol Permai juga telah diberi lampu flip flop sebanyak 15 titik, hal ini bertujuan untuk menekan angka laka lantas dimalam hari, karna dengan adanya lampu tersebut pandangan pengendara akan lebih maksimal saat malam hari. Kemudian rumble dot sebanyak 10 titik di sepanjang ruas Tol Permai," sambungnya.

Kendati demikian, dia berharap agar pengendara tetap mematuhi peraturan lalu lintas agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sebelum berkendara, pastikan kondisi driver dalam kondisi yang prima, serta kondisi kendaraan yang layak untuk beroperasi, terutama Ban dan sistem pengereman harus berfungsi dengan normal," pungkasnya.

(Ikln/Sugianto/HRC)

Baca Juga: Selain Bagikan Takjil, Personel Ditlantas Polda Riau Imbau Warga Tertib Berlalulintas dan Terapkan Prokes

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X