Dilanda Kekurangan Uang Tuk Operasional dan Bayar Hutang, Thai Arways Jual Kursi Pesawat

- Rabu, 30 Maret 2022 | 14:54 WIB
Ilustrasi pesawat Thai Airways
Ilustrasi pesawat Thai Airways

HALUANRIAU.CO, THAILAND - Maskapai milik pemerintah Thailand, Thai Airways kedapatan mulai menjual kursi pesawat di salah satu laman Facebook, TG Warehouse Sale.

Total 30 Kursi yang dijual oleh maskapai tersebut merupakan edisi khusus dari pesawat Airbus A330 300 dimana terdiri dari 3 warna berbeda yakni ungu, merah muda, dan kuning yang  dijual pada Selasa (28/3/2022).

Kursi-kursi yang dijual oleh Thai Airways di laman Facebook, TG Warehouse Sale (Facebook.com)
Diketahui, kursi-kursi tersebut dijual untuk membayar operasional maskapai dan membayar hutang dimana pendapatan mereka berbanding terbalik dengan pengeluaran yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Adapun kursi-kursi tersebut berasal dari kelas ekonomi yang dijual seharga 35.000 baht atau sekitar Rp 15 juta, dimana kursi itu dapat digunakan untuk berbaring hingga 15 CM jika dipasang di lantai dan 10 CM untuk sebaliknya.

Pihak maskapai Thai Airways mengklaim bahwa kursi yang dijual tersebut sudah di bersihkan secara menyeluruh terlebih dahulu sebelum di jual dan masih dilengkapi dengan sabuk pengaman.

Berdasarkan putusan dari Central Bankruptcy Court, Thai Airways mendapatkan restrukturisasi keuangan dimana maskapai plat merah tersebut mendapatkan keringanan untuk membayar cicilan utang.

Baca Juga: Berkas Perkara Oknum Aktivis LY Belum Lengkap

Thai Airways membukukan laba bersih sebesar 55,11 miliar baht tahun lalu dengan pendapatan 81,52 miliar baht dan kerugian operasional sebesar 19,70 miliar baht.

Sejak 2020, perusahaan itu memang sudah kesusahan. Mereka melakukan pemangkasan karyawan hingga menjual 42 armada pesawatnya.

Antusiasme publik yang luar biasa membuat kursi-kursi tersebut ludes terjual hanya dalam 1 menit dan pihak Thai Airways mendapatkan keuntungan 1.050.000 baht atau sekitar Rp452 miliar.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: detik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

WK CPP Dikelola 100 Persen Daerah

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:03 WIB
X