APRIL Group Komit Investasikan Rp33,4 T, Bangun Pabrik Paperboard Ramah Lingkungan

- Rabu, 30 Maret 2022 | 10:33 WIB
Peresmian groundbreaking Pabrik Kertas Kemasan APRIL Group oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, bersama Gubernur Riau, H Syamsuar didampingi Manajemen APRIL Group dan Forkopimda Provinsi Riau dan Kabupaten Pelalawan
Peresmian groundbreaking Pabrik Kertas Kemasan APRIL Group oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, bersama Gubernur Riau, H Syamsuar didampingi Manajemen APRIL Group dan Forkopimda Provinsi Riau dan Kabupaten Pelalawan

HALUANRIAU.CO, PELALAWAN - Produsen serat, pulp dan kertas berkelanjutan Asia Pacific Resources International Limited (APRIL Group) mempertegas komitmennya dalam mendukung pembangunan ekonomi hijau atau green economy di Indonesia. APRIL akan memperluas portofolio produknya di sektor hilir dengan menginvestasikan Rp33,4 trilliun untuk mendirikan fasilitas produksi kertas kemasan (paperboard) berkelanjutan.

Pembangunan fasilitas baru yang berlokasi di Riau Kompleks PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan ini merupakan salah satu investasi manufaktur terbesar di Sumatra dalam kurun 10 tahun terakhir. Investasi ini diharapkan dapat mendukung laju pembangunan dan pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi Covid-19 melalui diversifikasi produk hilir yang berkelanjutan dan bernilai tambah tinggi.

Setelah selesai dibangun, setiap tahunnya fasilitas produksi ini akan menghasilkan 1,2 juta ton kertas kemasan lipat yang bersifat mudah terurai (biodegradable) dan mudah didaur ulang (recyclable). Pertumbuhan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan produk kemasan yang lebih ramah lingkungan di pasar domestik maupun internasional.

"Kami menyambut baik investasi APRIL Group ini, yang akan meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat lokal sekaligus mendorong pembangunan ekonomi nasional. Pemerintah akan terus mengembangkan strategi untuk mendukung pemulihan ekspor nasional melalui penguatan akses pasar dan membantu meningkatkan daya saing produk," kata Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian saat peninjauan realisasi investasi produk kemasan berkelanjutan, di Pangkalan Kerinci, Selasa (29/3) kemarin.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita yang mengatakan peningkatan produksi kertas karton di Indonesia akan mengurangi ketergantungan impor Indonesia sekaligus meningkatkan cadangan devisa negara melalui ekspor.

"Perkembangan ini juga sejalan dengan upaya Pemerintah dalam melakukan substitusi impor serta memperkuat pengembangan industri dan manufaktur di seluruh Indonesia," kata Menperin.

Gubernur Riau, H Syamsuar mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus berkomitmen mendorong masuknya investasi baik potensi sumber daya alam, infrastruktur dan pertanian. Hal ini sejalan dengan target investasi Pemprov Riau pada tahun 2021 lalu sebesar Rp49,1 triliun dan tercapai melampaui target sebesar Rp53,08 triliun. Capaian investasi ini telah mengantarkan Provinsi Riau sebagai peringkat pertama di Sumatera dan peringkat ke-5 secara nasional setelah Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Banten, Riau, dan disusul Jawa Tengah.

"Sebagian besar investasi yang tinggi ini merupakan sumbangsih dari APRIL Group, untuk itu kami atas nama Pemprov Riau mengucapkan terima kasih kepada APRIL Group yang selama ini sudah berkontribusi besar terhadap capaian realisasi investasi di Provinsi Riau," tutur Gubri.

Realisasi investasi ini telah berhasil mempengaruhi angka pengangguran terbuka di Provinsi Riau, yang sebelumnya pada tahun 2020 sebesar 6 persen turun menjadi 4 persen lebih atau menyerap sebesar 61.338 orang di tahun 2021.

Pada tahun 2022 Pemerintah Pusat menargetkan realisasi investasi Provinsi Riau sebesar Rp63 triliun atau naik sekitar 24 persen. Meski demikian, Gubri optimis target tersebut dapat tercapai.

Halaman:

Editor: Dodi Ferdian

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X