Kembali Naik, Berikut Ini Daftar Lengkap Harga Sawit Riau

- Rabu, 2 Februari 2022 | 13:27 WIB
ilustrasi buah kelapa sawit. (Pixabay/tristantan)
ilustrasi buah kelapa sawit. (Pixabay/tristantan)

HALUANRIAU.CO, RIAU - Harga TBS kelapa sawit periode 2- 8 Februari 2022 mengalami kenaikkan pada setiap kelompok umur kelapa sawit.

Jumlah kenaikkan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp88,03/Kg atau mencapai 2,49% dari harga minggu lalu. Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp3.621,84/Kg. 

Kepala dinas Perkebunan Riau Zulfadli mengatakan, kenaikan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal naiknya harga TBS periode ini disebabkan oleh terjadinya kenaikkan harga jual CPO dan harga kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data.

Baca Juga: PTUN Pekanbaru Tolak Gugatan Warga, Penyaluran Beasiswa Sesuai Regulasi

"Untuk harga jual CPO, PT. PN V mengalami kenaikkan harga sebesar Rp 236,50/Kg dari harga minggu lalu, Sinar Mas Group mengalami kenaikkan harga sebesar Rp220,45/Kg dari harga minggu lalu, PT. Asian Agri mengalami kenaikan sebesar Rp221,30/Kg dari harga minggu lalu. Sedangkan untuk harga jual Kernel, Asian Agri Group mengalami kenaikkan harga sebesar Rp745,00/Kg dari minggu lalu," katanya.

Sementara dari faktor eksternal, harga komoditas minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) kembali naik pada perdagangan pagi ini. Pada pekan lalu, harga CPO ditutup di MYR 5.633/ton naik 3,47% secara harian dan tercatat naik 61,26% secara tahunan (yoy).

Menurut Refinitiv, harga CPO pekan ini dapat menguji titik resistance di MYR 5.676/ton dan dapat naik ke target harga di kisaran MYR 5.749-5.794/ton. 

Harga CPO telah menembus di atas titik resistance yang mengkonfirmasi tren naik. 

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Media Center Riau

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X