Kecewa Investor Asing Penuhi Startup Lokal, Pemerintah Luncurkan Merah Putih Fund

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 19:43 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir (Foto: Instagram @erickthohir)
Menteri BUMN, Erick Thohir (Foto: Instagram @erickthohir)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meluncurkan Merah Putih Fund pada 17 Desember 2021 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Nantinya, lembaga baru milik negara tersebut mendanai startup atau perusahaan rintisan dalam negeri.

Erick Thohir memastikan, Merah Putih Fund akan beroperasi dan melaksanakan go publik di Indonesia.

"Nanti 17 Desember (2021) Insya Allah Bapak Presiden nantinya meluncurkan yang namanya Merah Putih Fund. Merah Putih Fund akan diluncurkan, tetapi punya tiga benang merah. Satu, founder-nya orang Indonesia, kedua beroperasional di Indonesia, ketiga go publiknya di Indonesia," ujar Erick, Sabtu (11/12/2021).

Merah Putih Fund berdiri karena maraknya investasi asing di sejumlah perusahaan rintisan Indonesia (start up).

Baca Juga: Erick Thohir: Ekonomi Indonesia pada 2038 dalam Kondisi Lampu Kuning

Erick Thohir merasa kecewa lantaran sejumlah startup dalam negeri dicaplok asing. Meski tak anti asing, seyogyanya investasi di perusahaan rintisan harus didominasi investor lokal.

"Jadi kita jangan menyalahkan kalau startup kita diinvest oleh asing, kita marah. Wong kitanya belum peduli saat itu," kata dia.

Kementerian BUMN juga terus mendorong investasi perusahaan pelat merah ke dalam unicorn. Sektor-sektor yang dibidik cukup beragam baik fintech, e-commerce, edutech, hingga pertanian.

Di sektor-sektor tersebut sangat potensial bagi BUMN. Karena itu, pemegang saham tak ingin menunggu lama untuk menggelontorkan dana ke dalam saham perusahaan rintisan tersebut.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Okezone

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SPP PERUMDAM Tirta Siak Kado untuk Pelanggan

Jumat, 20 Mei 2022 | 11:49 WIB

Honda Hadirkan Boombastis Sale di Bulan Ramadhan

Minggu, 10 April 2022 | 16:38 WIB
X