Berkat Hyperlocal, Transaksi UMKM Pekanbaru di Tokopedia Meningkat 8 Kali Lipat

- Selasa, 23 November 2021 | 11:36 WIB
 (Istimewa)
(Istimewa)

 
HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang diluncurkan pertengahan 2020 lalu mendorong pemerataan ekonomi digital di berbagai daerah, termasuk Pekanbaru.

Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho, mengungkapkan, “Kategori Kesehatan dan Perawatan Diri, Elektronik, Rumah Tangga, HP dan Gadget, serta Olahraga dan Hobi menjadi beberapa kategori paling favorit di Pekanbaru selama kuartal III 2021.”

Peningkatan penjualan di Pekanbaru turut didorong sederet inisiatif turunan Hyperlocal. Salah satunya, Kumpulan Toko Pilihan (KTP).

“Peluang untuk berkembang melalui KTP sangat besar. Terlihat dari pertumbuhan transaksi pegiat usaha lokal yang mengikuti program KTP Pekanbaru mencapai hingga lebih dari 8x lipat jika dibandingkan dengan yang belum bergabung,” tambah Trian.

Baca Juga: SBY Umukan Kondisi Terkini Pasca Operasi Kanker Prostat

Leni Snacks, merupakan salah satu contoh UMKM makanan ringan asal Pekanbaru yang mengalami peningkatan transaksi karena mengikuti program KTP. “Bahkan kami mampu mengirim hingga 600 pesanan setiap bulannya,” kata Leni, Pemilik Leni Snacks.

Leni juga memberdayakan masyarakat sekitar, “Kami memberdayakan para ibu yang membutuhkan pekerjaan agar dapat membantu memulihkan perekonomian keluarga mereka. Kami memanfaatkan bahan baku, seperti singkong dan kentang, dari petani lokal.”

Program KTP sendiri telah hadir di berbagai kota di Indonesia yang juga menjadi fokus Hyperlocal Tokopedia, yaitu Pekanbaru, Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Malang, Makassar dan akan terus bertambah di banyak kota lainnya.

Tokopedia berharap inisiatif seperti ini bisa membuat UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama dalam mengembangkan usahanya,” jelas Trian.

Baca Juga: Terkonfirmasi 33 Kasus Positif Covid-19 Duri, Gubri: Jangan Menganggap Sepele

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X