Peningkatan Aktivitas Konsumsi Picu Inflasi Riau

- Rabu, 3 November 2021 | 09:30 WIB
 (Istimewa)
(Istimewa)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Meningkatnya tekanan inflasi berdasarkan rilis data inflasi oleh Badan Pusat Statistik, pada Oktober 2021 Riau mencatat inflasi sebesar 0,32% (mtm), lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi yang terjadi pada September 2021 sebesar 0,19% (mtm).

Tekanan tersebut sejalan dengan perkiraan Bank Indonesia sebelumnya. Dengan perkembangan ini, inflasi tahunan Riau mencapai 2,00% (yoy).

Meski lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi nasional yang tercatat 1,66% (yoy),inflasi Riau tersebut masih dalam rentang yang rendah dan terkendali.

Baca Juga: Permigastara Terbentuk, Berupaya Tingkatkan Alokasi Energi Baru dan Terbarukan Menjadi 30 Persen

Dikatakan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provisi Riau M.Cahyaningtyas bahwa, Inflasi Oktober 2021 didorong oleh kenaikan harga komoditas kelompok bahan makanan terutama cabai merah dan minyak goreng.

Kenaikan harga cabai merah ditengarai sebagai dampak dari produksi yang terbatas seiring curah hujan yang tinggi pada wilayah produsen.

Sementara itu, meningkatnya harga minyak goreng didorong oleh harga CPO sebagai bahan baku minyak goreng,yang terus mengalami peningkatan.

“ Secara umum, kelompok makanan, minuman, dan tembakau menjadi penyumbang inflasi terbesar dengan andi linflasi sebesar 0,22% terhadap inflasi bulanan Riau,” ucapnya.

Baca Juga: Karena Gagal Jantung, Artis Hanna Kirana Meninggal Dunia

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menteri LHK Dukung UMKM Petani Hutan Kampar Mendunia

Senin, 15 Agustus 2022 | 12:24 WIB

WK CPP Dikelola 100 Persen Daerah

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:03 WIB
X