Cafe Pelayanan Publik Kreasi SMK-SMTI Lampung Beri Terobosan Inovatif di Masa Pandemi

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 20:12 WIB
(Kemenperin.go.id)
(Kemenperin.go.id)

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Kemenperin kabarnya akan segera menyiapkan MOU Cafe Pelayanan Publik milik PPID SMK SMTI Bandar Lampung.

Peresmian Cafe Pelayanan Publik diketahui setelah acara acara Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP).

Cafe Pelayanan Publik disebutkan sebagai terobosan baru yang mempermudah layanan data informasi yang bisa diakses jarak jauh.

Pengajuan Cafe Pelayanan Publik tersebut merupakan hasil inovasi Inspektur Jenderal Kemenperin, Masrokhan bersama tim PPID Kementerian Perindustrian.

Layanan tersebut merupakan hasil kreatif PPID SMK SMTI Bandar Lampung.

Baca Juga: Dipecat dari Newcastle United, Steve Bruce Dikabarkan Pensiun

"Café Pelayanan Publik merupakan terobosan dalam pelayanan data informasi yang lebih baik dengan desain pelayanan modern. Café ini didukung sarana yang memadai berupa meja pelayanan publik, ruang tunggu tamu, pojok baca, dan fasilitas buku tamu online,” kata Masrokhan di Jakarta, Kamis (21/10/2021).

LJJ (Legalisir Jarak Jauh) adalah salah satu menu Cafe Layanan Publik yang bisa diakses di era pandemi yang tidak diproses dengan tatap muka.

Dengan terobosan desain modern tersebut bisa menjadi solusi dari berbagai permasalah akses dokumen penting lainnya.

“LJJ mengatasi permasalahan keterbatasan ruang, lokasi domisili dan waktu dalam mengurus dokumen-dokumen penting,” ungkap Irjen Kemenperin.

Selain itu SMK-SMTI Bandar Lampung telah berkreasi dalam optimalisasi akses LJJ pada website untuk pengisian formulir, unggah dokumen legalisir ke admin Cafe Layanan Publik.

Bahkan sekolah tersebut telah mengakses Tik Tok sebagai media populer yang banyak digunakan siswa untuk akses informasi sekolah.

Baca Juga: 10 Pekerjaan yang Tidak Butuh Jam Kantor

Hasil Kreasi tersebut dikabarkan akan segera disetujui oleh Kemenperin secepatnya.

"Untuk itu, PPID Kementerian Perindustrian dalam waktu dekat segera menyiapkan penandatanganan MoU dengan seluruh kepala satuan kerja sebagai bentuk komitmen penyediaan layanan informasi publik,” ucap Masrokhan.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Tags

Terkini

Kembali, GoTo PHK 600 Karyawan

Jumat, 10 Maret 2023 | 15:44 WIB
X