Harga TBS Cetak Rekor, Berikut Deretan Konglomerat yang Rasakan 'Manisnya' Buah Sawit

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 17:50 WIB
Ilustrasi (Foto:  tk tan dari Pixabay)
Ilustrasi (Foto: tk tan dari Pixabay)

HALUANRIAU.CO, BISNIS - Naiknya harga komoditas kelapa sawit menjadi suatu kebahagiaan tersendiri bagi para petani sawit di Indonesia, khusunya di Riau.

Bahkan beberapa waktu lalu harga tandan buah segar (TBS) di Riau sempat menyentuh rekor tertingginya.

Naiknya harga TBS berimbas juga kepada naiknya harga minyak sawit, pada hari ini tercatat sudah mencapai 4.862 RM (Ringgit Malaysia) per ton, jika konversikan menurut kurs saat ini sekitar Rp 16.475.951.

Dikutip dari Trading Economics, sejak awal Oktober harga minyak sawit sudah di atas RM 4.700 per ton. Rekor sebelumnya adalah RM 4.000 per ton pada 2008 alias 13 tahun lalu.

Baca Juga: Lapas Bangkinang Berikan Vaksin Dosis ke II pada Warga Binaan

Dengan adanya kenaikan harga tersebut, keuntungan tidak hanya dirasakan masyarakat, para konglomerat di bidang ini turut merasakan 'manisnya' kelapa sawit.

Dikutip dari Kumparan, berdasarkan data dari RTI dan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), berikut daftar beberapa konglomerat yang makin kaya berkat kenaikan harga sawit:

1. Sandiaga Uno dan Edwin Soeryadjaya (PT Provident Agro Tbk)

PT Provident Agro Tbk (PALM) mencetak laba bersih sebesar Rp 761,76 miliar pada Semester I 2020, meningkat 58 persen dari periode yang sama pada 2020. Kinerja keuangan yang makin positif ini tak lepas dari lonjakan harga sawit.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ulama MUI Sepakat Uang Kripto Haram Hukumnya

Kamis, 11 November 2021 | 15:09 WIB

4 Barang Mahal Yang Gak Bikin Bokek, Sudah Punya?

Selasa, 9 November 2021 | 14:09 WIB
X