Tolak Rencana Kenaikan Tarif Cukai Rokok di 2022, Serikat Buruh: Baiknya Cari Sumber Penerimaan Lain

- Selasa, 7 September 2021 | 10:37 WIB
Ilustrasi rokok  |  Sumber: Uitbundig on Unsplash
Ilustrasi rokok | Sumber: Uitbundig on Unsplash

HALUANRIAU.CO, BISNIS - Rencana pemerintah untuk kembali menaikkan tarif cukai pada tahun 2022 mendapat penolakan dari kalangan buruh.

Dewan Pimpinan Pusat Konfederasi Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (DPP K-SARBUMUSI) menyampaikan empat poin penting penolakan rencana kenaikan cukai rokok tersebut.

Soeharjono, Wakil Presiden K-SARBUMUSI, mengatakan poin pertama adalah kenaikan tersebut akan menekan petani dan pekerja tembakau.

Menurutnya saat ini ada sekitar 7 juta petani dan pekerja tembakau yang harus menghidupi keluarganya.

“Bila kenaikan cukai rokok kembali dilakukan pemerintah tahun ini, penyerapan hasil panen akan anjlok 30 persen. Ini hantaman yang sangat berat untuk petani dan pekerja di sektor tembakau,” ujar Soeharjono dalam keterangannya, Selasa (7/9).

Kedua, menurut Soeharjono menaikkan tarif cukai rokok tidak lagi efektif untuk mendongkrak penerimanaan negara. Semakin cukai rokok naik, harga rokok menjadi semakin tinggi, penjualan rokok menjadi semakin susah.

"Akhirnya yang laku di pasaran adalah rokok rokok illegal yang tidak menggunakan label cukai. Akibatnya penerimaan negara dari sisi cukai tidak akan efektif,” jelasnya.

Ketiga, kenaikan cukai rokok di saat yang tidak tepat dikhawatirkan justru akan semakin memperparah kesehatan kepada perokok, karena perokok akan cenderung memilih rokok dengan kualitas yang lebih buruk dan harga murah.

Keempat, tingkat pengangguran terus meningkat sebagai dampak pandemic COVID-19, Tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada Agustus 2021 diperkirakan akan naik ke kisaran 7,15-7,35 persen.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pahami Dulu: Cara Menghitung Target Penjualan

Rabu, 20 Oktober 2021 | 18:37 WIB

Pahami Dulu: Cara Menghitung Harga Jual Produk

Rabu, 20 Oktober 2021 | 18:23 WIB

Pahami Dulu: Cara Membuat Anggaran Usaha

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:59 WIB

Pahami Dulu: Cara Menghitung Modal Usaha

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:40 WIB

Tunjukkan Tren Positif, Harga CPO Naik Tajam

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:41 WIB

Lagi-Lagi Harga Kelapa Sawit di Riau Naik!

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:17 WIB
X