Kamu Seorang Milenial, Berikut Tips Untuk Mengelola Keuangan Dimasa Muda.

- Jumat, 3 September 2021 | 20:07 WIB
rupiah-tertekan-karena-perkembangan-dagang-di-luar-ekspektasi-3WKQDoLbYY
rupiah-tertekan-karena-perkembangan-dagang-di-luar-ekspektasi-3WKQDoLbYY

Haluanriau.co,Pekanbaru - Masa muda adalah masa dimana kamu sedang mencari dimana minat, bakat serta jati diri untuk menentukan masa depan seperti apa yang mau di gapai.

Didalam perjalanannya kamu pasti memiliki banyak keinginan-keinginan yang terkadang melebihi dari apa yang kamu butuhkan, seperti tiap per 3 bulan gonta-ganti smartphone, baju, sepatu, kendaraan, dan lain sebagainya.

Mengelola uang tentu bukanlah hal yang sangat gampang, terutama jika kamu adalah seorang besar pengeluaran dari pada pendapatan.

Baca Juga: Ingin Punya SIM C? Simak Tips Berikut Agar Lulus Ujiannya

Berikut adalah tips untuk mengelola keuangan di masa muda atau milenial seperti kamu:

1. Buat Masterplan Keuanganmu
Hal dasar dalam mengelola keuangan bagi kamu seorang milenial adalah menentukan masterplan untuk menentukan bagaimana kamu mendapatkan uang, bagaimana kamu menyimpan uang, dan bagaimana kamu mengeluarkan uang. Buatlah rentang waktunya, jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

2. Menyusun Prioritas, bedakan antara Kebutuhan atau Keinginan.
Didalam masa usia milenial ini, kamu harus mengerti apa yang paling kamu butuhkan untuk menjalankan kehidupanmu hari ini, minggu ini, bulan ini, bahkan tahun ini. Utamakan lah untuk kebutuhanmu bukan keinginanmu, seperti kebutuhan akan kuota paket untuk bersosialisasi, minyak kendaraan untuk berpergian sehari-hari, sabun pasta gigi bahkan shampo untuk kebersihanmu dan lain sejenisnya dan aturlah keinginan mu agar tidak lebih menguras keuanganmu seperti ingin membeli sepatu baru, padahal yang lama masih bagus, mengutamakan lifestyle namun tidak sesuai dengan kondisi pendapatanmu, ataupun memaksakan untuk mengikuti selera idolamu padalal keuanganmu sangat tidak memungkinkan untuk menggapai semua itu. Serta berusahalah untuk tidak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Intinya Realistis.

3. Mulailah untuk berinvestasi sejak saat ini, untuk menyelamatkan masa tua mu nanti
Investasi mungkin adalah hal yang baru bagi setiap orang, namun di masa milenial ini kamu wajib mengetahui apa itu investasi dan berusaha untuk mempelajarinya saat ini, bahkan jika kamu sudah memiliki modal, mulailah untuk melakukannya. Ada beberapa alasan kenapa kamu harus memulai investasi, salah satunya adalah zaman sekarang serba digitalisasi dan investasi sudah menjadi tren untuk keamanan hidup jangka panjang.
 
 

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pahami Dulu: Cara Menghitung Target Penjualan

Rabu, 20 Oktober 2021 | 18:37 WIB

Pahami Dulu: Cara Menghitung Harga Jual Produk

Rabu, 20 Oktober 2021 | 18:23 WIB

Pahami Dulu: Cara Membuat Anggaran Usaha

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:59 WIB

Pahami Dulu: Cara Menghitung Modal Usaha

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:40 WIB

Tunjukkan Tren Positif, Harga CPO Naik Tajam

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:41 WIB

Lagi-Lagi Harga Kelapa Sawit di Riau Naik!

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:17 WIB
X