Kompor Induksi Tidak Bisa gunakan Alat Masak Biasa, Ini Tips Memilih Alat Masak Kompor Induksi

- Sabtu, 24 September 2022 | 13:23 WIB
Ilustrasi kompor induksi (pixabay)
Ilustrasi kompor induksi (pixabay)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Sejalan dengan di rencana Pemerintah untuk menggantikan kompor gas dengan kompor listrik, tentunya peralihan kompor ini perlu juga pergantian alat masak yang akan digunakan. Berikut ini adalah tips memilih peralatan masak yang cocok untuk kompor induksi.

Berbeda dengan kompor gas konvensional yang menggunakan gas dan api untuk menghasilkan panas, kompor induksi menggunakan arus listrik bolak-balik yang dialirkan melalui kawat di dalam badan kompor. Arus ini menghasilkan medan magnet dan arus yang dapat memanaskan alat masak di atasnya.

Jadi, kompor induksi bekerja dengan memanaskan peralatan masak secara langsung ke peralatan masak melalui medan magnetic, sehingga permukaan kompor tidak ikut dipanaskan sehingga tetap aman disentuh.

Dari cara yang berbeda antara kompor gas dan kompor induksi tetunya memerlukan alat masak yang berbeda juga. Supaya tidak salah membeli alat masak berikut ini tips dalam meilih alat masak untuk kompor induksi.

Baca Juga: Riau Pintar! Berikut Kelebihan dan Kekurangan Les Privat Di Pekanbaru

Pertama perhatikan bahan yang digunakan karena tidak semua bahan bisa digunakan di kompor induksi maka material yang digunakan sangat berpengaruh. Dilangsir dari choice berikut adalah bahan bahan yang cocok untuk peralatan masak di kompor induksi. Di antaranya adalah stainless steel, alat berbahan keramik, besi cor atau cast iron, bahan baja carbon atau carbon steel.

Tips selanjutnya adalah pilih permukaan atau bentuk dasar alat masak yang rata. Saat menggunakan kompor induksi kita tidak bisa menggunakan wajan atau wok karena alat masak kompor induksi harus rata hal ini memungkinkan alat masak kontak sempurna dengan medan magnet penghasil panas pada kompor.

(Putri/HRC-MaG)

Baca Juga: Link Live Streaming Indonesia vs Curacao: Jet Lag dan Waktu Jadi Kendala La Familia Azul Hadapi Garuda

 

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fakta Zayyan OCJ Newbies, Idol K-POP Asal Indonesia

Jumat, 28 Oktober 2022 | 17:14 WIB

Alasan Gen Halilintar Absen di Acara Tedak Sinten Ameena

Senin, 26 September 2022 | 15:52 WIB
X