Selain Roti Bakarnya, Berikut 5 Kuliner Khas Bandung Yang Wajib Dicoba, Pasti Nagih!

- Jumat, 9 September 2022 | 15:59 WIB
 cireng Salju cocol kuah rujak enak banget (Via Pinterest Dvazhn)
cireng Salju cocol kuah rujak enak banget (Via Pinterest Dvazhn)

HALUANRIAU.CO, BERITA - Saat memasuki tanggal untuk menerima gaji, merupakan moment penantian setiap orang.  Apapun jenis pekerjaannya, awal atau akhir bulan adalah saat-saat terpenting karena pertanda akan menerima upah yang nantinya akan masuk ke rekening hingga kantong para pekerja.

Sebulan penuh mengabdikan diri dengan mengeluarkan tenaga hingga pemikirannya di tempat kerja membuat kita merasa perlu untuk menebusnya dengan memanjakan diri. Biasanya, dalam rangka pemuasan diri, banyak orang melakukannya dengan berkulineran. Kulineran yang bercita rasa manis tentu menjadi pilihan utama setelah meratapi pahitnya kehidupan. Maka, roti bakar khas bandung dapat menjadi  salah satu referensi saat berkuliner.

Jajanan khas Bandung ini tentu saja pantas untuk direkomendasikan, karena cita rasa manis dari berbagai jenis buah-buahaan hingga rasa asin dari keju yang dipadupadankan dalam roti tawar yang kemudian dibakar atau dipanggang memberikan cita rasa nikmat dan lantas bikin candu setiap orang yang pernah mencicipinya.

Pada saat sekarang ini dikenal sebagai zaman serba mengikuti tren. Oleh karenanya, pilihan rasa dari roti bakar khas Bandung juga bertambah dan dimodifikasi agar tampak seperti makanan kekinian. Tambahan pilihan rasa yang dimaksud adalah bertambahnya cita rasa selain rasa manis yakni asin dan pedas hingga pemilihan topping yang bermacam-macam seperti sosis, taburan bubuk green tea, dan lain sebagainya.

Namun, selain roti bakar, Bandung masih memiliki kuliner atau jajanan lain yang tidak boleh ketinggalan untuk dicicipi. Mulai dari jajanan ringan hingga berat, kuliner khas Bandung sangat bervariasi dan dapat ditemukan hampir di setiap daerah di Indonesia.

Baca Juga: Empat WN Bangladesh Diamakan Tim Intelijen dan Penindakan Kanim Selat Panjang

Lalu, apa saja kuliner khas Bandung lainnya itu? Berikut sudah dirincikan dalam 5 macam kuliner khas Bandung yang wajib dicoba:

  1. Seblak

Seblak menjadi jajanan khas bandung pertama dalam list ini. Siapa yang tidak mengenal jajanan hasil olahan kerupuk bawang satu ini?. Makanan dengan sejarahnya yang mengatakan karena kekurangan bahan untuk dikelola menjadi masakan sehingga hanya dengan memanfaatkan bahan tersisa seperti kerupuk menjadi pencetus adanya seblak.

Seblak sendiri dibuat dengan menjadikan kerupuk jenis bawang sebagai bahan utamanya dan digabungkan dengan bahan lainnya seperti bakso goreng, mie kuning, ceker ayam, telur, bakso, sosis, hingga sayur-sayuran. Kemudian semua komponen itu dimasak dan disajikan dengan kuah pedas hasil dari menambahkan bumbu yang terbuat dari kencur, cabai, bawang dan garam.

Selain itu, seblak juga sudah mulai menjadi makanan kekinian karena telah dimodifikasi. Karena dalam proses mengolahnya, penggunaan mie kuning  digantikan dengan mie instan merek Indomie dari berbagai varian.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Artikel Terkait

Terkini

Ayah Presenter Ben Kasyafani Meninggal Dunia: Stroke

Rabu, 30 November 2022 | 14:19 WIB

Fakta Zayyan OCJ Newbies, Idol K-POP Asal Indonesia

Jumat, 28 Oktober 2022 | 17:14 WIB

Alasan Gen Halilintar Absen di Acara Tedak Sinten Ameena

Senin, 26 September 2022 | 15:52 WIB
X