Hasil Penelitian Sebut Gaji Kecil Berisiko Mengganggu Kondisi Otak

- Rabu, 7 September 2022 | 19:06 WIB
Ilustrasi Menerima Gaji (mohamed_hassan)
Ilustrasi Menerima Gaji (mohamed_hassan)

HALUANRIAU.CO, BERITA - Berdasarkan hasil penelitian terbaru, pekerja dengan gaji rendah dapat mengakibatkan gangguan pada otak. Hal ini menyebabkan seseorang mengalami penurunan daya ingat.

Jika dibandingkan dengan pekerja yang mendapatkan upah yang cukup, para peneliti di Universitas Colombia menjelaskan kondisi otak pekerja dengan upah rendah cenderung cepat menua.

”Penelitian kami memberikan bukti baru bahwa paparan berkelanjutan terhadap upah rendah selama tahun-tahun penghasilan puncak dikaitkan dengan penurunan memori yang dipercepat di kemudian hari,” ucap peneliti postdoctoral di Columbia University Mailman School of Public Health, Katrina Kezioz, PhD.

Studi ini menggunakan catatan dari National Health and Retirement Study (HRS) pada data yang dikumpulkan pada 1992 hingga 2016. Mereka melakukan pemeriksaan data pada 2.879 orang yang lahir pada 1936 sampai 1941.

Baca Juga: Dugaan SPPD Fiktif di DPRD Rohil, Dirreskrimsus Polda Riau: Kita Terus Kejar

Peneliti mengartikan upah rendah adalah upah per jam yang kurang dari dua pertiga dari upah median federal selama tahun tertentu.

Ada pembagian kategori yakni kelompok pekerja yang tidak pernah bekerja dengan upah rendah, pekerja yang terkadang mendapat upah rendah dan pekerja yang selalu mendapatkan upah rendah.

Hasil studi dari National Health and Retirement Study (HRS) apabila dibandingkan dengan orang yang tidak pernah bekerja dengan gaji kecil, pekerja yang berpenghasilan rendah mengalami penurunan memori lebih cepat.

Pekerja dengan upah rendah mengalami penuaan kognitif sekitar penambahan satu tahun selama periode 10 tahun. Ini menunjukkan, dalam 10 tahun penuaan kognitif pada manusia normal, pekerja upah rendah mengalami layaknya penuaan selama 11 tahun.

(Lasma/HRC-MaG)

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ayah Presenter Ben Kasyafani Meninggal Dunia: Stroke

Rabu, 30 November 2022 | 14:19 WIB

Fakta Zayyan OCJ Newbies, Idol K-POP Asal Indonesia

Jumat, 28 Oktober 2022 | 17:14 WIB

Alasan Gen Halilintar Absen di Acara Tedak Sinten Ameena

Senin, 26 September 2022 | 15:52 WIB
X