Ternyata UAS Mendapatkan Not To Land Notice dari Otoritas Singapura, Apa Itu?

- Selasa, 17 Mei 2022 | 15:31 WIB
Ustadz Abdul Somad (UAS)
Ustadz Abdul Somad (UAS)

HALUANRIAU.CO, VIRAL - Kejelasan terkait mengapa Ustad Abdul Somad (UAS) di deportasi oleh pihak Otoritas Singapura terjawab sudah.

Melalui Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo mengungkapkan bahwa UAS mendapatkan Not to Land Notice (NTL) dari pemerintah Singapura.

Not to Land sendiri adalah sebuah kebijakan untuk menolak turis asing berkunjung kenegara mereka.

Not to land notice ialah peringatan tidak boleh mendarat yang dikeluarkan oleh Immigration & Checkpoints Authority (ICA) Singapore.

Menurut Suryopratomo, UAS sendiri mendapat not to land notice dari Singapura dikarenakan tidak memenuhi kriteria untuk berkunjung.

"Saya sudah minta penjelasan dari ICA. Menurut mereka, ICA memang menetapkan not to land notice kepada UAS karena tidak memenuhi kriteria untuk eligible berkunjung ke Singapore," kata Suryopratomo yang dikutip dari detik, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: Kades dan Panitia Pelaksana Seleksi di Desa Saka Palas Jaya Dipanggil, Buntut Belum Serahkan Laporan

Namun demikian, Imigrasi Singapura (ICA) sendiri tidak menjelaskan secara rinci terkait alasan mereka menempatkan UAS kedalam tidak memenuhi kriteria masuk ke negeri singa tersebut.

"ICA tidak mau menjelaskan kriteria yang mereka tetapkan. ICA juga tidak mau menjelaskan apakah UAS masuk blacklist mereka atau tidak. NTL umum dilakukan Imigrasi setiap negara," ujarnya.

Salah satu negara yang nenerapkan Not to Land adalah Malaysia. Dikutip dari laman resmi kedutaan Malaysia, not to land ditetapkan setelah warga ditolak masuk ke Malaysia. Alasannya sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: detik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Cinta Abadi Rima Melati dan Frans Tumbuan

Kamis, 23 Juni 2022 | 17:30 WIB

Artis Senior Rima Melati Meninggal Dunia

Kamis, 23 Juni 2022 | 16:26 WIB

Pegadaian Mengetuk Pintu Langit di Bulan Juni

Jumat, 10 Juni 2022 | 17:55 WIB

UAS Dideportasi Dari Singapura, Ada Apa?

Selasa, 17 Mei 2022 | 14:07 WIB
X