Dubber Karakter Detektif Conan, Dragon Ball, 'Denki' Boruto Hingga Spongebob versi Indonesia, Meninggal Dunia

- Sabtu, 19 Februari 2022 | 12:08 WIB
Ahmad Zulkifli Lubis atau Iphie Lubis seiyu atau pengisi suara Spongebob Squarepants, Detective Conan, Satoshi Pokemon tutup usia Kamis ((17/02/22)
Ahmad Zulkifli Lubis atau Iphie Lubis seiyu atau pengisi suara Spongebob Squarepants, Detective Conan, Satoshi Pokemon tutup usia Kamis ((17/02/22)

HALUANRIAU.CO, BERITA - Dubber atau pengisi suara karakter anime Conan Edogawa, Satoshi 'Pokemon', Spongebob Squarepants hingga 'Denki' anime BorutoAhmad Zulkifli Lubis menghembuskan nafas terakhirnya Kamis lalu (17/2/2022) di usia 50 tahun.

Pria yang akrab dengan sapaan Iphie Lubis tersebut meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Kabar meninggalnya sang dubber dibagikan oleh rekan kerjanya Ade Kurniyawan yang juga merupakan seorang dubber.

"Inna lillahi wainna ilaihi roji'un. Sesungguhnya ia adalah milik Allah dan kepada-Nya lah ia akan kembali." Ahmad Zulkifli Lubis, semua teman teman pengisi suara memangilnya dengan nama yang simple Iphie," tulis Ade.

Baca Juga: 1 Juta Kg Minyak Goreng Diduga Ditimbun di Sumut, Bareskrim Turun Tangan

Ade juga turut mendoakan agar almarhum Iphie diterima dengan tenang di sisi Allah SWT.

"Pengisi suara Detective Conan, 'Carl' di Jimmy Neutron. Pribadi yang simple, Rame, menghibur, loe orang baik dan Kami kehilangan. Insha'Allah Husnul Khotimah. Aamiin," lanjutnya.

Diketahui, Ahmad Zulkifli Lubis atau Iphie Lubis meninggal dunia pada pukul 22.28 WIB.

Iphie Lubis lahir pada lahir 23 Februari 1971. Ia memulai debutnya sebagai seorang seiyu sejak tahun 1992 di bawah naungan Arvisco. Pada masa itu karirnya lebih banyak didominasi mendubbing seri-seri telenovela Amerika Latin hingga film-film India yang merupakan produk-produk unggulan dari Arvisco.

Saat stasiun televisi Indosiar berdisi, Iphie Lubis turut bergabung dalam jajaran tim seiyu di Indosiar. Karenanya, banyak film-film yang ditayangkan di Indosiar turut disuarakan olehnya. Tak terkecuali dengan seri-seri anime yang juga banyak ditayangkan oleh Indosiar pada masanya. Di antaranya adalah Sailor Moon, hingga Ben 10.

Salah satu peran monumental Ahmad Zulkifli Lubis atau Iphie Lubis adalah sebagai Shinichi Kudo/Conan Edogawa dalam anime Detektif Conan. Ia sebenarnya bukanlah seiyu pertama yang mendubbing Conan ke dalam bahasa Indonesia. Namun ia adalah seiyu Conan terlama yang telah mendubbing karakter Shinichi sekaligus Conan sejak awal tahun 2000an hingga 2014, selama anime tersebut ditayangkan di Indosiar. Namun ketika Detektif Conan pindah tayang ke NET, peran Conan digantikan oleh Leni M Tarra hingga sekarang.

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Insert

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Cinta Abadi Rima Melati dan Frans Tumbuan

Kamis, 23 Juni 2022 | 17:30 WIB

Artis Senior Rima Melati Meninggal Dunia

Kamis, 23 Juni 2022 | 16:26 WIB

Pegadaian Mengetuk Pintu Langit di Bulan Juni

Jumat, 10 Juni 2022 | 17:55 WIB

UAS Dideportasi Dari Singapura, Ada Apa?

Selasa, 17 Mei 2022 | 14:07 WIB
X