Polda NTB Lumpuhkan 5 Unit Drone Ilegal yang Melintas Diatas Sirkuit Mandalika

- Jumat, 11 Februari 2022 | 11:55 WIB
Ilustrasi drone (Pixabay)
Ilustrasi drone (Pixabay)

HALUANRIAU.CO, MANDALIKA - Tim Drone Korps Brimob Polri BKO Polda NTB pada, Kamis (10/2/2022) melakukan jamming (penurunan paksa) menggunakan drone jammer terhadap lima unit drone liar yang terbang di seputaran Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit, Kuta Lombok Tengah, NTB.

Drone jammer merupakan perangkat pemancar gelombang radio yang kekuatannya sangat terarah dengan menggunakan teknik pemancar high gain directional antenna untuk diarahkan ke drone.

Tujuannya, untuk melumpuhkan fungsi penerimaan gelombang radio pada sebuah drone sasaran agar tak bisa dikendalikan sang pemilik.

Kabid Humas Polda NTB Kobes Pol Artanto mengatakan, alat antidrone tersebut ditempatkan di sekitar Sirkuit Mandalika.

Baca Juga: Stok Vaksin di Riau Hingga Saat Ini Masih Tersedia 992 Ribu Dosis

“Jadi kami melakukan patroli drone dan menempatkan alat deteksi drone, di mana dari jarak 2 km drone ilegal dapat kami deteksi,” katanya.

“Di mana jika drone tersebut mendekat ke area sirkuit, akan terjadi drone jammer agar tidak bisa dikendalikan oleh pemiliknya. Selain itu, kami menempatkan anggota di tiap-tiap bukit untuk memantau,” ucapnya lagi.

Penerbangan drone sendiri juga memiliki regulasi yang memiliki dasar hukum yang tercantum dalam UU No 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, di mana memiliki sanksi hukum pidana dan denda.

“Pihak ITDC juga telah meminta tim pengamanan dari TNI-Polri untuk tidak ada drone di luar drone milik penyelenggara dan terkait yang telah diberi izin," ujarnya.

Editor: Taufik Ilham

Sumber: INews.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X