Maskapai Susi Air Tempuh Jalur Hukum Setelah Somasi Tak Digubris Pemkab Malinau

- Rabu, 9 Februari 2022 | 15:08 WIB
 Pesawat Susi Air diusir dari hanggar Malinau
Pesawat Susi Air diusir dari hanggar Malinau

HALUANRIAU.CO, KALIMANTAN UTARA - Akibat pengusiran yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Malinau terhadap maskapai Susi Air dari hanggar Bandara Robert Atty Bessing, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara berujung somasi.

Somasi maskapai Susi Air tersebut hingga saat ini tidak direspon oleh Pemerintah Kabupaten Malinau.

"Sampai sekarang belum ada respons dari Bupati atau Sekretaris Daerah. Kami hanya akan menyampaikan somasi satu kali," kata Kuasa Hukum Susi Air Donal Fariz kepada detikcom, Rabu (9/2/2022).

Untuk diketahui bahwa Susi Air melayangkan somasi kepada Bupati Malinau Wempi Wellem Mawa dan Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau Ernes Silvanus pada Senin (7/2). Pihaknya memberi waktu tiga hari untuk kedua pihak meminta maaf secara tertulis dan ganti rugi operasional sebesar Rp 8,95 miliar.

Baca Juga: Diinisiasi Polda Riau, New Paragon dan Dragon Pekanbaru Gelar Vaksinasi Massal

Jika sampai besok (10/2) somasi belum juga direspons, Susi Air akan menyiapkan langkah hukum selanjutnya.

"(Ditunggu sampai) besok pukul 24.00 WIB. Kalau tidak ada iktikad baik, tentu akan kami lanjutkan kepada proses hukum selanjutnya. Soal pilihan langkah hukumnya apa, nanti akan kami sampaikan," bebernya.

Visi Law Office, yang juga merupakan kuasa hukum Susi Air menilai Wempi dan Ernes yang paling bertanggung jawab atas persoalan pengusiran Susi Air dari hanggar Bandara Malinau. Penggunaan dan pengerahan Satpol PP oleh Pemerintah Kabupaten Malinau dinilai merupakan tindakan melawan hukum.

Susi Air mengklaim pemda terkait melanggar tupoksi Satpol PP yang diatur pada Pasal 1 angka 1 dan Pasal 5 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Satuan Polisi (Satpol).

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Detik Finance

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X