Diserahkan Presiden Jokowi di HPN Kendari, Lima Wartawan Riau Peroleh Penghargaan PCNO

- Rabu, 9 Februari 2022 | 11:31 WIB
Lima wartawan senior Riau menerima penghargaan "Press Card Number One" (PCNO) dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat (Istimewa)
Lima wartawan senior Riau menerima penghargaan "Press Card Number One" (PCNO) dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat (Istimewa)


HALUANRIAU.CO, KENDARI - Lima wartawan senior Riau menerima penghargaan "Press Card Number One" (PCNO) dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat yang diserahkan Presiden Jokowi secara virtual pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 dan HUT ke 76 PWI yang dipusatkan di halaman Masjid Al-Alam, masjid terapung di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (8/2). Presiden Jokowi menghadiri acara tahunan ini secara virtual dari Istana Presiden Bogor.

Puncak peringatan HPN dan HUT ke 76 PWI di Kendari dihadiri Ketua Dewan Pers M. Nuh, Ketua PWI Pusat selaku penanggungjawab Atal  S. Depari, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menpora Zainuddin Amali, Gubernur Sultra Alimazi, Gubernur Riau Syamsuar, sejumlah Duta Besar dan undangan lainnya.

Kelima wartawan tersebut masing-masing Sutrianto, Ridar Hendri, Syafriadi, Kazzaini Ks, dan Yanto Budiman Situmeang. Mereka bagian dari 30 orang penerima PCNO se Indonesia. Mereka adalah wartawan senior anggota PWI Riau.

Baca Juga: Hari Pers Nasional: Ini 5 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Seorang Jurnalis

Penghargaan PCNO diberikan karena kelimanya dianggap telah memberikan sumbangan signifikan dan dedikasi yang intens kepada dunia jurnalistik. Mereka setidaknya telah memenuhi salah satu dari tujuh kriteria berikut:  memiliki karya jurnalistik berkualitas minimal nasional, konsisten berkarya, menjadi pelopor pengembangan genre jurnalistik, memajukan dunia pers, membela kemerdekaan pers, atau konsisten memajukan sumberdaya pers.

Anugerah Kartu Pers Nomor Satu atau PCNO diberikan sejak HPN 2010 di Palembang, Sumatera Selatan. Tokoh-tokoh pers yang mendapat penghargaan tersebut saat itu adalah Rosihan Anwar, Jakob Oetama, Herawati Dyah, Dahlan Iskan, Goenawan Mohamad, Fikri Jufri, Karni Ilyas, dan Alwi Hamu.

Di Riau beberapa diantara wartawan senior yang pernah menerima PCNO adalah Rida K Liamsi, Moeslim Kawi, Mulyadi, Saun Achmad Saragih, Zulmansyah Sekedang, Helmi Burman, Dheni Kurnia, Zufra Irwan, Oberlin Marbun, Raja Isyam Azwar, Fendri Jaswir dan Novrizon Burman.

Baca Juga: Resmi Jabat Rektor UMRI Saidul Amin : UMRI Siap Jadi Miniatur Muhammadiyah

Yanto Budiman mewakili rekan-rekan penerima anugerah ini mengucapkan terima kasih kepada PWI Pusat yang telah memberi penghargaan tertinggi dan bergengsi kepada liam wartawan senior Riau.

"Kami berterima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada PWI Pusat khususnya ketua PWI bung Atal Depari atas anugerah ini. Semoga ini bisa menjadi contoh bagi para junior untuk terus konsisten dan tunak menulis dan berkarya di bidang jurnalistik," ucap Yanto.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Riesca Rose: Saya Bukan Selingkuhan Sule!

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:10 WIB
X