Mitos atau Fakta, Apakah Dajjal Benar Ada?

- Kamis, 16 Desember 2021 | 08:13 WIB
Dajjal ilustrasi (Republika)
Dajjal ilustrasi (Republika)

HALUANRIAU.CO, BERITA - Pasti kita pernah bertanya-tanya tentang siapa itu Dajjal?, apa itu Dajjal?, apakah ia nyata atau tidak?, apakah ia adalah makhluk mitos atau benar-benar nyata? 

Menurut Anggota Fatwa Darul Ifta Mesir, Syekh Dr. Mahmud Syalabi pernah mendapat pertanyaan tentang apakah Dajjal itu makhluk mitos atau memang berdasarkan dalil dalam Islam berupa Alquran dan Hadits bahwa ia makhluk yang nyata? 

Syekh Dr. Mahmud Syalabi menegaskan bahwa Dajjal itu bukan makhluk mitos. Didalam Agama Islam, Dajjal memang ada serta disebutkan dalam Al-Qur'an dan Hadits yang bertarti Dajjal bukan sesuatu yang sengaja diada-adakan.

Selain itu, Mantan Mufti Mesir yang juga anggota Dewan Ulama Senior Al-Azhar Mesir, Syekh Dr Ali Jum'ah, menyampaikan Nabi Muhammad SAW telah memperingatkan soal fitnah Dajjal yang akan muncul pada akhir zaman.

Baca Juga: Tagar #PecumaAdaPolisi Trending di Twitter, Polri: Jadikan Bahan Evaluasi

"Dajjal akan keluar untuk menggoda manusia. Dan Nabi SAW mengajarkan melalui doa-doanya untuk memohon perlindungan dari fitnah dan kejahatan Dajjal, dan beliau SAW memerintahkan umatnya untuk melakukan itu," tutur dia dilansir dari laman Elbalad, Rabu (15/12).

Syekh Jum'ah juga menjelaskan, hadits yang diriwayatkan Ibnu Abbas mengajarkan tentang doa yang dipanjatkan Nabi SAW untuk berlindung dari Dajjal. Rasulullah biasa mengajari doa ini ketika beliau SAW mengajari para Sahabat tentang sebuah surat Alquran.

Bacaannya sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

"Allahumma inni audzubika min ‘adzabi jahannama wa min adzabil qabri wa min fitnatil mahya wal mamati, wa min syarri fitnatil masihid dajjal."

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Ayo Indonesia

Tags

Terkini

X