Kamu Nafsuan? Begini Cara Mengendalikannya Menurut Islam

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 17:40 WIB
Ilustrasi (7089643 on Pixabay)
Ilustrasi (7089643 on Pixabay)

HALUANRIAU.CO, TIPS - Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda, "Sesungguhnya Allah telah menuliskan bagi anak-anak Adam bagiannya dari zina, ia pasti akan mendapatkanya. Zinanya mata memandang yang diharamkan, zinanya lisan membicarakannya, zinanya jiwa mengharap dan membayangkannya sedangkan kemaluannya akan membenarkan hal tersebut atau mendustakannya." (HR Tirmidzy).

Dalam Alquran surat Yusuf ayat 31, Allah berfirman:

Fa lammaa sami'at bimakrihinna arsalat ilaihinna wa a'tadat lahunna muttaka'aw wa aatat kulla waahidatim min-hunna sikkiinaw wa qaalatikhruj 'alaihinn, fa lammaa ra'ainahuu akbarnahu wa qatta'na aidiyahunna wa qulna haasya lillaahi maa haazaa basyaraa, in haazaa illaa malakung kariim

Artinya:

"Maka tatkala wanita itu (Zulaikha) mendengar cercaan mereka, diundangnyalah wanita-wanita itu dan disediakannya bagi mereka tempat duduk, dan diberikannya kepada masing-masing mereka sebuah pisau (untuk memotong jamuan), kemudian dia berkata (kepada Yusuf): "Keluarlah (nampakkanlah dirimu) kepada mereka". Maka tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum kepada (keelokan rupa)nya, dan mereka melukai (jari) tangannya dan berkata: "Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah malaikat yang mulia."

Dalam kisah Nabi Yusuf, meskipun Beliau dicintai dan disukai oleh banyak wanita karena ketampanannya, Nabi Yusuf tidak serta merta mengikuti nafsu syahwatnya untuk meladeni wanita-wanita tersebut. Berkat ketaatannya kepada Allah, Nabi Yusuf pun memohon agar dijauhkan dari segala perbuatan buruk karena nafsunya. 

Baca Juga: Siskaeee yang 'Nodai' Bandara YIA Ditangkap Tim Gabungan Polri

Maka, beginilah cara mengendalikan nafsu syahwat yang diajarkan dalam Islam.

1. Menjalankan puasa.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: brilio.net

Tags

Terkini

Buntut Aksi Jewer, Edy Rahmayadi Bakal Dipolisikan

Rabu, 29 Desember 2021 | 16:42 WIB
X