Apakah Calon Istri Boleh Mengajukan Syarat Tak Ingin Dimadu Sebelum Akad ? Ini Penjelasannya

- Kamis, 2 Desember 2021 | 13:23 WIB
Ilustrasi (Aidil Bahaman from Pexels)
Ilustrasi (Aidil Bahaman from Pexels)

HALUANRIAU.CO, ISLAMPEDIA - Walau poligami dihalalkan ternyata agama memberi jalan tengah bagi perempuan yang tak mau dimadu.

Meski poligami halal, calon istri boleh mengajukan syarat sebelum melangsungkan akad nikah misalnya dengan meminta calon suami berjanji tidak akan menikah lagi dan cuma ada satu istri di kehidupannya.

Terkait tak ada poligami dari calon istri dijelaskan oleh Imam Ahmad bin Hanbal Ibnu Taimiyah dan dikuatkan oleh Ibn Qayyim Al Jauzi mengungkapkan berbagai persyaratan yang mengikat sebuah perkawinan lebih kuat dan lebih utama untuk dipatuhi.

Dibanding segala persyaratan akad lainnya semisal  transaksi perdagangan, sewa menyewa dan lainnya meski tetap harus dipatuhi, syarat pra nikah sangat penting untuk dibahas dan disetujui sebelum akad.

Dengan berdalikan pada Nabi Muhammad SAW bersabda yang diriwayatkan Bukhori dan Muslim. “Diantara berbagai persyaratan yang kamu sekalian paling berkewajiban mematuhinya ialah yang dibuat demi menghalalkan seorang perempuan untuk kalian nikahi.”

Baca Juga: Raditya Dika Sudah Kemas Biaya Nikahan Sang Anak yang Berusia 2 Tahun, Deddy Corbuzier: Gilakk!

Dari buku Panduan Lengkap Muamalah karangan Muhammad Bakhir, Bukhari dan Muslim juga merawikan dari Al-Miswar bin Makhramah bahwa dia pernah mendengar Rasulullah SAW berpidato diatas mimbar.

”......Bahwasanya keluarga Hisyam bin Al Mughirah (keluarga Abu Jahal) telah meminta dariku agar mengizinkan mereka mengawinkan anak perempuan mereka dengan Ali bin Abi Thalib.

Tidak ! Aku tidak mengizinkan mereka! Aku tidak mengizinkan, kecuali (sebelum itu) Ali bin Abi Thalib menceraikan putriku dan (baru setelah itu) menikahi putri mereka !

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Terkini

Buntut Aksi Jewer, Edy Rahmayadi Bakal Dipolisikan

Rabu, 29 Desember 2021 | 16:42 WIB
X