Ambon Diguncang Gempa dengan Magnitudo 5,9

- Kamis, 4 November 2021 | 14:21 WIB
Ambond diguncang gempa (Foto: Instagram @infobmkg)
Ambond diguncang gempa (Foto: Instagram @infobmkg)

HALUANRIAU.CO, AMBON - Gempa bumi mengguncang Ambon pada hari Kamis, pukul 11.42 WITA. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setempat melaporkan gempa tersebut berkekuatan magnitudo (M) 5,9. BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Dilansir dari akun Instagram Official BMKG, pusat gempa berada pada kedalaman 16 kilometer (km) barat Wahai, Maluku Tengah (Malteng), 27 km timur laut Sawai, Malteng, di kedalaman 10 km, dengan lokasi 2,81 Lintang Selatan (LS) dan 129.34 Bujur Timur (BT).

Gempa tersebut memiliki skala V MMI di Sawai, IV di Wahai, III MMI di Ambon, sedangkan di Masohi, Saparua mencapai skala III MMI.

Baca Juga: Tingkatkan Ketakwaan Serta Kinerja, Polresta Pekanbaru Rutinkan Agenda Zikir dan Doa Bersama

Sementara itu, dikutip dari ANTARA, gempa yang mengguncang ambon dan sekitarnya membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah.

BMKG menggimbau kepada masyarakat Ambon untuk tenang dan tidak percaya terhadap isu-isu yang belum diketahui kebenarannya.

Masyarakat juga diminta memeriksa bangunan yang rusak diakibatkan gempa, karena dikhawatirkan struktur bangunan menjadi tidak stabil karena gempa.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BMKG (@infobmkg)

 

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Antara, BMKG, Indozone.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X