Jusuf kalla Akui Masjid di Indonesia Suaranya Jelek, Hampir 75%

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:15 WIB
Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla (Foto: Instagram/jusufkalla)
Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla (Foto: Instagram/jusufkalla)

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Baru-baru ini Media internasional Agence France-Presse (AFP), agensi berita internasional yang berpusat di Paris, Prancis menyoroti suara azan di Jakarta.

Menurutnya, seorang muslimah usia 31 tahun yang tak ingin disebutkan namanya, pengidap gangguan kecemasan (anxiety disorder) dan takut untuk menyuarakan komplain soal suara azan dari masjid di dekat rumahnya.

Sementara itu dilansir dari Pikiran Rakyat.com, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla (JK) mengakui jika mayoritas suara speaker masjid di Indonesia memiliki kualitas suara jelek.

Hal ini disampaikannya dalam ceramah Tablig Akbar Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H di Masjid Istiqlal yang disiarkan di YouTube Masjid Istiqlal TV, Selasa, 19 Oktober 2021.

Baca Juga: Tunjukkan Tren Positif, Harga CPO Naik Tajam

“Ada hal yang paling bersamaan ialah kalau orang bicara ada khotibnya bisa mendengar, cuma tidak mengerti. Sistem yang semuanya keliru, didengar, malah membisingkan telinga, dua-duanya,” ujar.

Dikatakan Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Ini, padah selama 10 tahun, Dewan Masjid Indonesia sudah melakukan perbaikan speaker.

"Padahal kita dewan masjid sejak 10 tahun sudah mempunyai program untuk perbaikan sound system masjid. 75 persen masjid di Indonesia jelek suaranya, didengar tidak mengerti, sedangkan waktu kita di masjid itu 80 persen mendengarkan, 20 persen ibadah atau salat," tambahnya

Sementara itu, JK meminta DMI agar terus mengurus teknis masjid serta kemajuannya. 

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Imam Mushola Cabuli Gadis 12 Tahun Hingga 2 Kali

Sabtu, 27 November 2021 | 14:36 WIB

Sempat Tertunda, Velove Vexia Resmi Lepas Masa Lajang

Selasa, 23 November 2021 | 20:29 WIB

KPK Kembali Galakkan Pencarian Harun Masiku

Selasa, 16 November 2021 | 14:50 WIB
X