Anggaran KONI Solok Nol, Warga Lakukan Galang Dana untuk Atlet

- Kamis, 23 September 2021 | 14:45 WIB
Logo PON XX di Papua  | Sumber : Kemenpora
Logo PON XX di Papua | Sumber : Kemenpora

HALUANRIAU.CO, SOLOK - Sejumlah relawan di Kabupaten Solok, Sumatera Barat lakukan aksi himpun dana dari warga yang nantinya akan diberikan kepada para atlet untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada Oktober 2021.

Aksi tersebut berhasil mengumpulkan dana senilai Rp 18 juta. Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Solok, Mevrizal mengatakan dana yang diterima itu disalurkan secara merata kepada para atlet & pelatih, masing-masing Rp1 juta.

Mevrizal mengatakan KONI mengirimkan 3 pelatih & 15 atlet atau 18 orang asal Kabupaten Solok untuk mewakili Sumatera Barat di PON XX Papua. 15 atlet itu terdiri atas angkat berat 2 orang, atletik 1 orang, catur 1 orang, karate 3 orang, gulat 3 orang, kempo 2 orang, taekwondo 1 orang, & cricket 2 orang.

Ia mengaku tidak ada dana dialokasikan Pemerintah Kabupaten Solok untuk keikutsertaan para atlet & pelatih ke PON XX di Papua. Bahkan hingga saat ini KONI Kabupaten Solok mengalami kekosongan kas.

Baca Juga: Atlet PON Riau ini Ternyata Pernah Berada di Pelatnas SEA Games, Ini Targetnya di PON Papua

"Hal itulah yang mengetuk hati sejumlah masyarakat di Kabupaten Solok untuk membentuk relawan & kumpulkan dana untuk para atlet," katanya, Rabu (22/9) dikutip dari Antara.

Ia juga mengatakan, sejak pergantian kepala daerah, hibah untuk KONI Kabupaten Solok pada 2021 ini ‘dinolkan’.

"Mungkin karena visi misi beliau tidak ada di bidang olahraga, & olahraga dipandang tidak penting, sehingga anggaran 'dinolkan' untuk KONI," katanya.

Ia mengatakan kepemimpinan pemerintah daerah yang lama sudah menganggarkan hibah KONI Rp6,5 miliar di anggaran daerah 2021. Bahkan, KONI Kabupaten Solok telah menganggarkan untuk masing-masing atlet yang mengikuti PON XX di Papua Rp10 juta.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Indozone.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Cinta Abadi Rima Melati dan Frans Tumbuan

Kamis, 23 Juni 2022 | 17:30 WIB

Artis Senior Rima Melati Meninggal Dunia

Kamis, 23 Juni 2022 | 16:26 WIB

Pegadaian Mengetuk Pintu Langit di Bulan Juni

Jumat, 10 Juni 2022 | 17:55 WIB

UAS Dideportasi Dari Singapura, Ada Apa?

Selasa, 17 Mei 2022 | 14:07 WIB
X