Optimalkan Transformasi, Jasa Raharja Bukukan Kinerja Positif Semester I-2021

- Selasa, 21 September 2021 | 16:14 WIB
Ilustrasi, Kantor PT Jasa Raharja Cabang Riau (Foto: Tangkapan layar google street view)
Ilustrasi, Kantor PT Jasa Raharja Cabang Riau (Foto: Tangkapan layar google street view)



HALUANRIAU.CO, PEKANBARU – PT Jasa Raharja berhasil mencetak kinerja positif pada semester I tahun 2021.

Sebagai badan usaha penyelenggara program perlindungan dasar kecelakaan penumpang dan lalu lintas jalan, ditengah kondisi pendemi kecepatan kinerja penyerahan santunan korban meninggal dunia mengalami peningkatan kecepatan.

"Kecepatan penyerahan santunan meninggal dunia hingga semester I 2021 rata-rata 1 hari 10 jam, lebih cepat 1 hari 14 jam dari target 3 hari. Sedangkan untuk korban luka-luka yang dirawat di Rumah Sakit sebanyak 89,46% korban santunannya dibayarkan langsung kepada rumah sakit atau melalui metode penjaminan santunan, hal ini meningkat 1,47% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dan naik 1,96% dibandingkan dengan target 2021 87,5%," ujar Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan A Purwanto melalui Kepala PT Jasa Raharja Cabang Riau, M Iqbal Hasanuddin, Selasa (21/9).

Dijelaskannya, kecepatan pelayanan ini diikuti oleh peningkatan penyerahan santunan dimana sampai dengan semester I tahun 2021 Jasa Raharja telah menyerahkan santunan sebesar Rp 1,16 Triliun atau naik 3,6% dibandingkan periode yang sama tahun 2020 sebesar Rp 1,12
Triliun.

Baca Juga: Ketua Koperasi Tani Iyo Basamo Diduga Pimpin Rapat di Pekanbaru, Korban: Hakim Cabut Status Tahanan Kotanya

Capaian kinerja Pelayanan Jasa Raharja dapat diraih melalui strategi transformasi proses bisnis yang dijalankan.

Sinergi sistem pelayanan diantaranya data kecelakaan dengan Korlantas Polri melalui IRSMS, data kependudukan dengan Ditjen Dukcapil, data Pasien dan penjaminan dengan RS, data kepesertaan dengan SJSN dan cash management sistem dengan perbankan.

Terkini, lanjutnya Jasa Raharja menerapkan sistem aplikasi SiVera yaitu Sistem Verifikasi Rawatan Digital.

Sistem yang merupakan sinergi dengan pihak ketiga dalam pengendalian biaya rawatan korban, sehingga verifikasi dapat dilakukan secara online dan dapat memonitor biaya rawatan pasien day to day sampai selesai menjalani perawatan di rumah sakit.

Selain penanganan pada pasca terjadinya kecelakaan Jasa Raharja juga memiliki tanggung jawab untuk turut serta bersama pemerintah dalam rangka program pencegahan kecelakaan.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Riesca Rose: Saya Bukan Selingkuhan Sule!

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:10 WIB
X