120 Desa di Riau Terima Jaringan Internet dari Kemenkominfo

- Senin, 4 Januari 2021 | 21:36 WIB
Kadiskominfotik Riau
Kadiskominfotik Riau

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Provinsi Riau, kembali mendapatkan pembangunan infrastruktur jaringan internet untuk 120 desa di beberapa Kabupaten Kota. Bantuan masuknya jaringan internet bagi desa terpencil ini, dari pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo).

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Riau, Chairul Riski, mengatakan, pembangunan internet desa ini, didasarkan atas surat permohonan dari Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, kepada Kemkominfo pada bulan Agustus tahun 2020 lalu.

Berdasarkan surat permohonan yang dilayangkan Gubri kepada Kemkominfo itu, sedikitnya ada 283 desa bagi Riau, yang diusulkan untuk dilakukan pembangunan infrastruktur internet untuk memenuhi kebutuhan media pembelajaran jarak jauh dalam jaringan bagi siswa. Namun dari jumlah tersebut, pada tahun ini pemeritah akan lebih dulu merealisasikannya kepada 120 desa di berbagai kabupaten, wilayah setempat.

"Gubernur Riau sudah kirim surat ke Kominfo pusat pada Agustus 2020. Surat kita dasarnya, Permenkominfo nomor 8 tahun 2019 dan Undang-Undang Nomor 11 2008 tentang ITE. Di mana, saat pandemi Covid-19 ini kita sangat membutuhkan media pembelajaran jarak jauh dalam jaringan untuk para siswa. Nah, pada tahun ini, dalam waktu dekat pihak Kemkominfo akan membangun infrastruktur jaringan internet itu untuk 120 desa, ujar Riski, Senin (4/1).

Dijelaskan Riski, untuk pembangunan infrastruktur tersebut, nantinya akan difokuskan terhadap desa-desa yang belum memiliki akses internet maupun jaringan 4G. Dan dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur tersebut, Pemprov Riau juga bekerjasama dengan Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) serta PT Telkom.

"Seperti misalnya di Kabupaten Indragiri Hilir itu ada 18 desa, kemudin di Pelalawan ada 8 desa, dan di Rokan Hulu ada 23 desa. Jadi kalau misalnya kantor desanya jauh dari pemukiman, tidak pasang di situ. Diprioritaskan dekat sekolah. Atau wilayah perumahan penduduk desa," terang Riski.

"Jadi targetnya pada akhir 2022, sebanyak 283 desa di Riau yang kita usulan itu, sudah memiliki akses internet semua. Sehingga desa-desa di Riau ini semua terakses internet. Dan bagi siswa kita sudah bisa menikmati internet, apalagi sekarang sekolah masih memakai sistem daring,” tutup Riski.

 

 

Reporter: Nurmadi

Editor: Eka Buana Putra

Terkini

X