Dimakamkan di TMP, Brigadir Hendra akan Dapat Kenaikan Pangkat

- Jumat, 20 Desember 2019 | 05:50 WIB
Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi
Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi

PEKANBARU (HR)-Brigadir Hendra Saut Parulian Sibarani gugur saat melaksanakan tugas pengamanan di Papua, Rabu (18/12) kemarin. Anggota Satuan Brimob Polda Riau itu akan dikebumikan di Pekanbaru, dan dimungkinkan mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi.

Demikian diungkapkan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Kamis (19/12). Dikatakan dia, pihaknya telah mengusulkan ke Mabes Polri untuk kenaikan pangkat pria yang menutup usia di umur 33 tahun itu.

"Usulan sudah kita sampaikan kenaikan pangkat ini," ujar Kapolda Irjen Pol Agung.

Jika usulan itu diterima, kata dia, almarhum akan menyandang pangkat satu tingkat lebih tinggi. Yakni, dari Brigadir menjadi Brigadir Kepala (anumerta).

Lanjut Kapolda, saat ini jenazah Hendra telah dipersiapkan untuk diterbangkan dari Papua menuju Kota Pekanbaru. Pada Jumat ini, Hendra akan dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Dharma.

"Kedatangan almarhum besok (hari ini,red). Kami akan menangani dan memakamkan secara militer di TMP Pekanbaru," sebut mantan Deputi Siber pada Badan Intelijen Negara (BIN) itu.

Saat prosesi pemakaman itu nantinya akan dihadiri seluruh personel Polda Riau. Itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada almarhum.

"Ini adalah pahlawan kita. Ini adalah pejuang kita. Kita mendoakan agar keluarga almarhum sabar menghadapi ini," kata Perwira Tinggi Polri dengan dua bintang di pundaknya itu.

Untuk waktu pemakaman, kata Agung, masih menunggu keputusan dari pihak keluarga Brigadir Hendra. "Waktu pemakaman belum dapat kepastian dari keluarga," tutur Agung.

Agung menegaskan, Brigadir Hendra gugur dalam menjalankan tugas membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Kita berbelasungkawa atas meninggalnya Brigpol Hendra Saut Parulian," imbuh Kapolda.

 

 

Penulis: Dodi Ferdian

Editor: Eka Buana Putra

Terkini

Riesca Rose: Saya Bukan Selingkuhan Sule!

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:10 WIB
X