Pijar Melayu Harap Karhutla Dituntaskan

- Selasa, 1 Oktober 2019 | 11:08 WIB
Direktur Eksekutif Pijar Melayu, Rocky Ramadani, SP
Direktur Eksekutif Pijar Melayu, Rocky Ramadani, SP

PEKANBARU (HR)-Pusat Ilmu dan Jaringan Rakyat (PIJAR) Melayu berharap dengan digantinya Kapolda Riau yang baru, permasalahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Riau bisa segera teratasi. Terutama, dalam hal penindakan terhadap korporasi yang sengaja membakar hutan demi keuntungan belaka.

Hal itu dikatakan oleh Direktur Eksekutif Pijar Melayu, Rocky Ramadani, SP.

Terlebih dahulu dia mengapresiasi proses mutasi dan promosi yang dilakukan Mabes Polri. Ia juga mengucapkan selamat bertugas kepada Kapolda Riau yang baru dan berharap kinerjanya lebih baik dari yang terdahulu, terutama pada persoalan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang masih hangat ini.

"Kepada Kapolda Riau yang baru Irjen Agung Setya Imam Effendi, harus berani melakukan proses hukum korporasi yang terindikasi sebagai pelaku pembakar lahan. Proses sesuai hukum yang berlaku. Kami berharap jangan pernah ada negosiasi dengan koorporasi pembakar lahan" ujar Rocky, Senin (30/9).

Lebih lanjut Rocky menyampaikan, asap akibat kebakaran hutan dan lahan memang sudah berkurang akibat hujan yang cukup merata di seluruh wilayah Riau. "Namun kasus hukum korporasi yang diduga pembakar lahan jangan sampai juga hilang. Ini harus kita kawal secara bersama sama. Karena masyarakat Riau menderita akibat kebakaran hutan dan lahan ini" pintanya.

Pijar Melayu Sebagai Kelompok Kajian Strategis meyakini Karhutla yang terjadi di Riau berhubungan erat dengan keberadaan lahan ilegal dan lemahnya penegakan hukum. Akibatnya, selama 22 tahun belakang ini bencana kabut asap terus mendera masyarakat Riau.

"Selama dua hal itu tidak serius ditangani, maka yang akan terjadi hanya pengulangan bencana asap yang terus menghantui masyarakat Riau" tandas Mahasiswa Pascasarjana UIR Jurusan Manajemen Agribisnis ini.

"Intinya, kita ingin proses penanganan persoalan hukum di Bumi Melayu ini lebih baik daripada sebelumnya. Bukan saja persoalan Karhutla, tapi kasus-kasus besar lainnya. Hukum harus tajam keatas, jangan malah tajam ke bawah dan tumpul ke atas. Sekali lagi selamat bertugas untuk Kapolda Riau yang baru" sambung Rocky menutup.(mal)

Editor: redaktur haluan

Tags

Terkini

Riesca Rose: Saya Bukan Selingkuhan Sule!

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:10 WIB
X