Banyak ASN Perempuan Mau Ceraikan Suami

- Jumat, 23 Agustus 2019 | 10:48 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU (HR)- Sejak Januari hingga Agustus 2019 sudah 20 Aparatur Sipil Negara Pemerintah Provinsi Riau mengajukan izin cerai ke Badan Kepegawaian Daerah Riau.

Demikian disampaikan Kasubdit Kedudukan Hukum BKD Riau, Imron Rosady, Kamis (22/8). Dia mengatakan, dari 20 ASN tersebut paling banyak menggugat cerai adalah ASN perempuan sebanyak 16 orang, dan laki-laki 4 orang. "Memang rata-rata sekitar 80 persen ASN perempuan yang banyak menggugat. Alasannya beragam, ada yang mengaku kurang cocok, ekonomi, perselingkuhan, campur tangan orang ketiga (orang tua), miss komunikasi ada juga," katanya.

Dari beberapa alasan itu, sebut Imron, rata-rata masalah perselingkuhan dan ekonomi. "Tapi kalau perselingkuhan jarang yang mau mengaku. Tapi dari hasil mediasi kita arahnya ke sana. Ini biasanya terjadi karena suami istri tidak tinggal satu rumah, misalnya suami dinas di Sumbar dan isteri di Riau," paparnya.

Sedangkan masalah ekonomi, lanjut Imron, hal ini disebabkan karena suami tidak berkerja, sehingga isteri merasa tidak dinafkahi. "Tapi ini kan bisa dibicarakan dan dikomunasikan dengan baik. Ini yang banyak menggugat ASN guru dan perawat, sekitar 70 persen guru dan 30 persen lagu perawat dan yang lainnya," cakapnya.

Sementara itu, terhitung Januari hingga 20 Agustus 2019, Pengadilan Agama (PA) Kota Pekanbaru telah menerima 1.251 berkas perkara perceraian. Kepala Pengadilan Agama Kota Pekanbaru melalui petugas informasi, Fakhriadi, Kamis (22/8) mengatakan, berkas perkara yang masuk ke Pengadilan Agama Kota Pekanbaru lebih banyak diajukan dari pihak istri. "Sudah 1.251 perkara yang masuk. Dominan yang mengajukan pihak perempuan/istri, memang fantastis jumlahnya," kata Fakhriadi.

Fakhriadi mengatakan, dari data yang dihimpun, penyebab terbanyak gugatan perkara perceraian tersebut adalah perselisihan dan pertengkaran terus menerus. "Perselisihan dan pertengkaran terus menerus sebanyak 786 gugatan, dan terbanyak kedua adalah karena sebab meninggalkan salah satu pihak sebanyak 119 perkara gugatan cerai," cakapnya lagi.

Lebih lanjut, ia mengatakan, angka tersebut diprediksi terus meningkat terus menjelang akhir tahun. "Kalau berkaca pada tahun tahun sebelumnya, diprediksi akan kembali meningkat, tapi kami berharap tidaklah," tukasnya.(ckc)

Editor: redaktur haluan

Tags

Terkini

Riesca Rose: Saya Bukan Selingkuhan Sule!

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:10 WIB
X