Sukses Amankan Aksi 22 Mei, Ratusan Personel Polda Kembali dengan Sehat dan Selamat

- Selasa, 2 Juli 2019 | 22:25 WIB
IMG-20190702-WA0112
IMG-20190702-WA0112

PEKANBARU (HR)-Sebanyak 500 anggota Polda Riau kembali dengan selamat, sehat, dan lengkap. Lima satuan setingkat kompi (SSK) itu kembali usai melaksanakan pengamanan aksi 22 Mei di Jakarta.

Kedatangan ratusan itu disambut langsung oleh Kapolda Riau, Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo, di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) Pekanbaru, Selasa (2/7). Sejumlah pejabat utama Polda Riau juga terlihat melakukan penyambutan di sana.

Ratusan personel itu kembali setelah berangkat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta, dalam tiga kelompok terbang (kloter). Untuk kloter 1 berangkat pukul 12.15 WIB, kloter 2 pukul 12.25 WIB, dan kloter 3 pukul 12.35 WIB. Sementara untuk upacara penyambutan pasukan di Bandara SSK Pekanbaru dilaksanakan pada pukul 15.00 WIB.

Dikatakan Kapolda, ratusan personel itu berasal dari Satuan Brimobda, dan Sabhara. Adapun kekuatan mereka mencapai 5 SSK.

"Kita melakukan penjemputan terhadap pasukan dari Sat Brimobda Riau, dan juga dari Sat Sabhara Polda Riau. Jumlah mereka, 3 SSK Brimob, dan 2 SSK Sabhara. Jumlahnya 5 SSK. Jadi jumlahnya 500 orang," ujar Kapolda usai upacara penyambutan.

Ratusan personel itu sebelumnya diberangkatkan ke Jakarta secara bertahap. Di sana mereka bergabung dengan puluhan ribu anggota Polri se-Indonesia untuk mengamankan aksi 22 Mei.

"Yang mulai dari tanggal 17 April dan 19 Mei kemarin secara bertahap melaksanakan Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda Metro Jaya untuk melaksanakan pengamanan pemilu di wilayah Jakarta sebagai ibu kota negara," kata mantan Wakapolda Jawa Timur (Jatim) itu.

Selama di Jakarta, ratusan personel Polda Riau itu melaksanakan tugas dengan baik. Semua juga kembali dengan selamat, dan dalam kondisi sehat. Hal itu pun sangat disyukuri Kapolda.

"Syukur Alhamdulillah, dalam pelaksanaan mereka melaksanakan tugas dengan baik, dengan amanah, tanpa ada pelanggaran. Alhamdulillah sehat semua, kembali dengan selamat," ucap Irjen Pol Widodo bersyukur.

Ucapan syukur itu disampaikannya bukan tanpa alasan. Seperti diketahui, jelang pengumuman hasil pemilihan presiden (Pilpres) itu, terjadi kerusuhan yang dilakukan sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab. Akibatnya, puluhan anggota Polri turut menjadi korban. Anggota yang terluka kebanyakan sedang berada di Asrama Brimob, Petamburan, Tanah Abang, Jakarta saat kerusuhan pecah

"Tapi dari kita, Alhamdulillah tidak ada. Anggota saya sehat semua," tak henti-henti Kapolda bersyukur.

Kesuksesan ratusan personel itu melaksanakan tugas, sebut Kapoda, tak lepas dari pengendalian diri yang dilakukan.

"Ujian terberat adalah pengendalian diri. Saat dimana anggota saya ini diterjunkan ke lapangan, menghadapi massa demo. Itu tentu harus di bawah kendali dari pimpinannya di lapangan. Ini fungsi pengendalian diri sangat penting," sebut dia.

Ujian lain yang tak kalah berat dalam penugasan saat itu, lanjutnya, adalah kondisi psikologis. Dimana para personel itu harus rela merayakan lebaran Idul Fitri tidak bersama keluarganya.

"Maka dari itu kemarin saya bersama pejabat utama Polda, menengok ke sana," kata perwira tinggi dengan dua bintang di pundaknya itu.

"Itu mungkin tantangannya. Tapi itu jauh lebih ringan dibandingkan mungkin dengan tantangan penugasan selanjutnya," sambungnya menutup.(dod)

Editor: Dodi Ferdian

Tags

Terkini

X