PPDB Dibagi Tiga Jalur

- Rabu, 19 Juni 2019 | 11:39 WIB
Kepala-Dinas-Pendidikan-Totok-Agus-Daryanto
Kepala-Dinas-Pendidikan-Totok-Agus-Daryanto

PEKANBARU (HR)- Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019 di Kota Pekanbaru dimulai 1 Juli mendatang. Seluruh tingkatan mulai dari TK hingga SMP dilakukan secara serentak.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan para orang tua sudah bisa mendaftarkan anak sejak tanggal 1 Juli hingga 3 Juli. Informasi kelulusan akan diumumkan pada tanggal 5 Juli hingga 6 Juli.

"Begitu diumumkan, sudah bisa daftar ulang langsung. Dan tanggal 8 Juli, pengenalan sekolah sekaligus sudah masuk ajaran baru," kata Jamal, Selasa (18/6).

Tahun ini, kata Jamal, daya tampung untuk 175 Sekolah Dasar (SD) Negeri di Pekanbaru mencapai 14.845 peserta didik. Sedangkan daya tampung untuk 45 SMP Negeri se-Pekanbaru mencapai 8.300 peserta didik. "Jadi mereka mendaftar manual ke sekolah. Untuk SMP, setelah data dientry tinggal memantau kelulusan di website https://pekanbaru.siap-ppdb.com," kata dia.

Seleksi calon peserta didik baru dilakukan melalui tiga jalur, pertama Jalur Zonasi, Jalur Prestasi, dan Jalur Perpindahan Orang tua/wali. Jamal menjelaskan, jalur peserta didik zonasi adalah jalur diperuntukkan bagi peserta didik baru yang dibuktikan dengan kepemilikan kartu keluarga sesuai dengan domisili tempat tinggal terdekat ke sekolah, sedangkan Jalur Peserta Didik Prestasi adalah peserta didik Kota Pekanbaru yang berprestasi di bidang Olahraga (OZSN Kejurda Provinsi, Kejumas, POPDA, PORWIL, POPNAS, PON, ASEAN GAMES, SEA GAMES, dan OLIMPIADE INTERNASIONAL), Olimpiade Mata Pelajaran (OSN, FLS, OPSI), MTQ dan Kreativitas Seni (FLSZN), dan Prestasi Akademik.

Jalur Perpindahan Orangtua/wali perpindahan tugas orangtua/wali yang dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor atau perusahaan yang mempekerjakan. Disdik, kata Jamal, juga membuka posko pengaduan selama PPDB dibuka. Ia juga mengungkapkan, jalur PPDB tahun ini peserta didik hanya boleh memilih satu sekolah saja.

"Antisipasi kendala, kita buka posko pengaduan di sekolah dan di Disdik. Sistem PPDB sekarang hanya untuk satu sekolah atau satu pilihan saja," jelasnya.(hrc)

Editor: redaktur haluan

Tags

Terkini

Kisah Cinta Abadi Rima Melati dan Frans Tumbuan

Kamis, 23 Juni 2022 | 17:30 WIB

Artis Senior Rima Melati Meninggal Dunia

Kamis, 23 Juni 2022 | 16:26 WIB

Pegadaian Mengetuk Pintu Langit di Bulan Juni

Jumat, 10 Juni 2022 | 17:55 WIB

UAS Dideportasi Dari Singapura, Ada Apa?

Selasa, 17 Mei 2022 | 14:07 WIB
X