Belum Memuaskan, Dewan Minta Evaluasi Kinerja BUMD

- Kamis, 16 Mei 2019 | 11:03 WIB
03 16-05- ADV DPRD Foto 5 copy
03 16-05- ADV DPRD Foto 5 copy

PEKANBARU (HR)-Memasuki semester kedua tahun ini, deviden atau pemasukan yang diberikan hampir semua BUMD masih belum memuaskan. Padahal, jika dikelola dengan baik, seluruh perusahaan pelat merah itu bisa menjadi perusahaan sehat dengan penghasilan baik.

Maka dari itu, Komisi III DPRD Riau meminta agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) segera melakukan evaluasi total secara menyeluruh. Permintaan itu disampaikan Sekretaris Komisi III DPRD Riau Suhardiman Amby.

Dikatakan Suhardiman, dari catatan sementara pihaknya, ada 3 BUMD yang masih memiliki rapor merah. Yaitu, PT Pengembangan Investasi Riau (PIR), PT Permodalan Ekonomi Rakyat (PER) dan PT Riau Airlines (RAL). Khusus untuk PT Riau Airlines, pihaknya justru sudah menyarankan sejak jauh-jauh hari agar ditutup saja.

"Sebetulnya hampir merata. Penghasilan untuk sekelas BUMD yang saat ini sangat minim. Padahal semua kendali ada di pemerintah. Proyek pemerintah punya kenapa tidak dikelola BUMD? Kenyataannya memang cukup mengkhawatirkan," ujar Suhardiman baru baru ini.

Lebih lanjut dikatakannya, selain PT RAL, adapun PT PIR saat ini juga bisa dikatakan perusahaan sakit. Dimana laba atau pemasukan ke daerah sama sekali tidak sesuai ekspektasi. Padahal penyertaan modal yang telah diberikan oleh daerah cukup banyak.

Begitu juga dengan PT PER. Kondisinya lebih mengkhawatirkan dibanding PT PIR. Jika terus dibiarkan, apalagi seluruh BUMD setiap tahun selalu meminta penyertaan modal, maka pemerintah akan selalu dirugikan.

"Sedangkan yang untung adalah kroni-kroni yang sampai saat ini menguasai BUMD kita. Maka ini saya sarankan kepada Pak Gubernur dan Wakil Gubernur supaya dihabisi ini semua. Jangan ada lagi yang tersisa," tegas pria bergelar Datuk Panglima Dalam itu.

Sementara ini, Komisi III DPRD Riau akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap sejumlah BUMD. Bila perlu nantinya dibentuk sebuah panitia khusus guna mendalami masalah yang sedang menggerogoti BUMD.

"Selanjutnya, kita akan memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk langsung dilakukan eksekusi," pungkas Legislator asal Kuantan Singingi (Kuansing) itu.(ADV)

Editor: redaktur haluan

Tags

Terkini

X