Tujuh ASN Korup di Riau Harus segera Dipecat

- Selasa, 30 April 2019 | 19:41 WIB
images (9)
images (9)


PEKANBARU (HR)-Tujuh oknum aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau harus segera dipecat. Mereka diberhentikan dengan tidak hormat karena terlibat praktik korupsi yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.





Itu ditandai dengan penandatanganan Surat Keputusan (SK) Pemberhentian Dengan Tidak Hormat (PDTH) bagi tujuh Aparatur Sipil Negara (ASN) terhadap oknum ASN korup itu. SK tersebut diteken Gubernur Riau Syamsuar belum lama ini.





Dikatakan Syamsuar, hal itu dilakukan setelah dirinya menyepakati pemberhentian sesuai aturan yang berlaku. "Surat itu sudah saya teken, setelah kita sepakati bersama,'' ujar Syamsuar, Selasa (30/4).





Belum diketahui nama-nama oknum ASN yang telah dipecat tersebut. ''Saya belum tahu namanya. Yang jelas surat pemecatan sudah saya teken,'' sebut mantan Bupati Siak dua periode itu.





Pasca telah diterbitkannya keputusan tersebut, pada Selasa ini ketujuhnya sudah tidak lagi menyandang status sebagai abdi negara. Ditegaskan Syamsuar, jika ketetapan pemecatan itu tidak dilaksanakan akan ada sanksi bagi dirinya.





''Iya. Kalau tidak dilaksanakan, maka saya yang kena sanksi,'' tegas Syamsuar.





Mencegah sanksi itu, Syamsuar meminta agar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau untuk menyiapkan administrasi PDTH-nya.





Selain itu, ketika prosesnya sudah inkrah, dia telah berkomunikasi dengan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi, agar ASN yang terbukti korupsi itu untuk segera diganti.





Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) merilis daftar koruptor berstatus ASN berdasarkan daerah. Dimana Provinsi Riau masuk urutan ketiga dari 34 provinsi se-Indonesia, dengan jumlah 190 kasus korupsi.

Halaman:

Editor: Dodi Ferdian

Tags

Terkini

Imam Mushola Cabuli Gadis 12 Tahun Hingga 2 Kali

Sabtu, 27 November 2021 | 14:36 WIB

Sempat Tertunda, Velove Vexia Resmi Lepas Masa Lajang

Selasa, 23 November 2021 | 20:29 WIB

KPK Kembali Galakkan Pencarian Harun Masiku

Selasa, 16 November 2021 | 14:50 WIB
X