Semua Pihak Diharapkan Fokus Antisipasi Karhutla

- Kamis, 25 April 2019 | 10:20 WIB
08 25-04 ADV DPRD RIAU FOTO 6
08 25-04 ADV DPRD RIAU FOTO 6

PEKANBARU (HR)-Beberapa waktu lalu, masih ada saja ditemukan hotspot atau titik panas akibat kebakaran hutan dan lahan (karhulta) di Riau. Kondisi diharapkan tidak berkembang. Untuk itu, diharapkan semua pihak tetap fokus mengantisipasi terjadinya kejadian tersebut.

Demikian diungkapkan anggota DPRD Riau Suhardiman Amby, Rabu (24/4). Dikatakannya, memang selama ini perhatian semua pihak tengah terfokus kepada pelaksanaan Pemilu 2019. Termasuk aparat keamanan.

"Pertama saya ingin sampaikan, terimakasih kepada seluruh pihak keamanan karena telah berhasil mengamankan pelaksanaan Pemilu 2019. Setelah ini tentu kami harapkan kembali agar antisipasi karhutla dapat difokuskan kembali," ujar pria yang karib disapa Datuk Panglima Dalam itu.

Dia berharap, agar seluruh kasus karhutla yang telah ditangani aparat penegak hukum, khususnya yang telah masuk ke tahap penyidikan, agar dapat dilanjutkan sampai ke tahap persidangan. Termasuk juga dengan dugaan karhutla yang terjadi di areal perusahaan.

Hal itu, menurutnya, harus tuntas agar tidak ada persepsi negatif muncul di tengah masyarakat. "Termasuk juga dugaan karhutla yang terjadi di areal perusahaan. Tidak mungkin kan masyarakat membakar lahan yang bukan punya dia?" sebut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu. Dalam kesempatan itu, dia menyebut wakil rakyat di DPRD Riau setelah Pemilu ini juga akan kembali fokus terhadap sejumlah persoalan yang sebelumnya sempat dibahas. Termasuk persoalan karhutla yang terjadi di areal perusahaan. Sejauh ini, pihaknya telah sepakat untuk membentuk tim kecil yang berasal dari lintas komisi.

Dewan, dikatakan dia juga akan terlibat aktif dalam setiap upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. "Sudah ada kan tim lintas komisi. Nanti mungkin setelah pemilu ini kami akan fokus kembali melanjutkan pembahasannya," imbuh legislator asal Kuantan Singingi (Kuansing) itu.(adv)

Editor: redaktur haluan

Tags

Terkini

X