Polisi Selidiki Pesta Ulang Tahun Seungri di Filipina yang Dihadiri Raline Shah

- Selasa, 9 April 2019 | 14:36 WIB
1Raline_Shah
1Raline_Shah

Jakarta - Seungri telah ditetapkan sebagai tersangka atas penyediaan prostitusi dalam kasus Burning Sun. Pihak kepolisian melakukan investigasi lanjutan dalam pesta ulang tahun eks personel Big Bang tersebut yang digelar pada Desember 2017 di Palawan, Filipina.

Pesta itu sempat ramai lantaran mengundang sejumlah artis ternama dari penjuru Asia, termasuk dari Indonesia ada Raline Shah dan Millane Fernandez. Pihak bewajib telah mengantungi daftar nama yang terlibat tetapi enggan memberi detail lebih lanjut. Jumlah pihak yang ikut dalam pesta ulang tahun Seungri belum bisa dipastikan.

Channel A mengonfirmasi delapan perempuan yang hadir dalam acara ulang tahun Seungri di Filipina adalah wanita panggilan profesional. Dalam hasil investigasi, kedelapan perempuan tersebut membenarkan Seungri terlibat kasus prostitusi.

Pada hari yang sama, unit dari Seoul Metropolitan Police Agency mengonfirmasi kabar tersebut.

"Kami melakukan sebuah investigasi dan bertanya kepada beberapa perempuan yang hadir di pesta ulang tahun Seungri di Palawan, terkait dugaan mediasi prostitusi," ungkap pihak kepolisian.

Tamu undangan tidak hanya datang dari kalangan selebritas. Delapan perempuan cantik yang ikut bekerja sama dengan Seungri terkait prostitusi diundang dengan syarat mereka adalah perempuan-perempuan cantik.

"Dia berjanji membiayai perjalanan mereka, selama mereka tampak cantik," ungkap seorang karyawan kelab Seungri di kawasan Gangnam, Seoul, Korea Selatan.

Seungri menyewa Pulau Palawan pada 9 Desember 2017. Pesta yang digelar selama dua hari itu dihadiri total 150 tamu undangan.

Selain para perempuan cantik yang diduga terkait kasus prostitusi Seungri diundang sebagai imbalan pekerjaan, sejumlah investor kelab Burning Sun turut difasilitasi kedatangannya. Ada Nyonya Lin disebut berasal dari Taiwan. Mr. T dari Hong Kong disebut sebagai politisi kuat di negaranya hadir bersama putranya. Selain itu, ada Mr. D yang merupakan aktor dunia sekaligus atlet. Para tamu undangan beberapa di antaranya masuk dalam kategori VIP.

Dalam laporan Kpopmap pada Februari lalu, Dispatch menemukan para tamu undangan terdiri dari sejumlah selebriti di kawasan Asia di antaranya Korea, Jepang, Tiongkok, Taiwan, Thailand, Singapura, dan Malaysia

Lee Moon Ho, presiden kelab Burning Sun juga hadir dalam pesta tersebut. Dia telah menjalani tes dan hasilnya positif menggunakan narkoba.

Dua bulan setelah pesta digelar, Burning Sun didirikan untuk bisnis.

Seungri menghabiskan total USD444 ribu atau sekitar Rp6,28 miliar untuk menyewa resort di Palawan, Filipina. Harga ini sudah mendapat diskon yang semula USD504 ribu sekitar Rp7,13 miliar. Biaya itu belum termasuk lain-lain, seperti kembang api seharga USD18 ribu atau sekitar Rp254 juta. Sementara itu pihak kepolisian memprediksi Seungri menghabiskan 600 juta won setara USD527 ribu atau sekitar Rp7,45 miliar.

Sebelumnya, pihak kepolisian juga melakukan investigasi terkait percakapan via pesan teks antara Seungri dan CEO Yuri Holdings Yoo In terkait penyediaan wanita panggilan untuk investor luar negeri pada 2015.

Kasus lain, soal penggelapan puluhan juta won dari kelab Monkey Museum yang dijalankan Seungri bersama Yoo In Suk untuk membiayai pengacara pribadi. Namun, ini belum terungkap lantaran investigasi masih berlangsung.(mdc)

Editor: redaktur haluan

Tags

Terkini

Buntut Aksi Jewer, Edy Rahmayadi Bakal Dipolisikan

Rabu, 29 Desember 2021 | 16:42 WIB
X