"Alhamdulillah, Hari ini Kita Resmikan"

- Jumat, 15 Februari 2019 | 09:21 WIB
01 15-02 Foto HL--
01 15-02 Foto HL--

PEKANBARU (HR)- Peresmian tiga proyek strategis Pemerintah Provinsi Riau, Siak IV dan dua flyover diwarnai hujan deras, Kamis (14/2). Namun, acara tetap berlangsung penuh makna.
Peresmian tiga proyek ditandai dengan penandatanganan tiga prasasti proyek oleh Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim.

Tiga proyek tersebut adalah dua jembatan layang (flyover) masing-masing di Simpang SKA dan Simpang Pasar Arengka. Serta jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Marhum Bukit) atau jembatan Siak IV.

Saat peresmian, tampak mendampingi mantan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Walikota Pekanbaru Firdaus, perwakilan Kementerian PUPR dan Forkopimda Riau.

Jembatan Siak IV dibangun untuk menyeimbangkan pembangunan kota Pekanbaru dengan wilayah Rumbai Pesisir. Di mana kedua wilayah tersebut dibatasi oleh aliran sungai Siak.

Dalam sambutannya, Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim menyampaikan sejak sepuluh tahun lalu pembangun jembatan Siak IV ini sudah menapak di ujung jalan Sudirman, Pekanbaru.

"Masyarakat berdoa agar jembatan ini segera diselesaikan. Karena disadari jembatan ini memang menjadi penghubung antara satu titik ke titik lainnya," ungkap Gubernur Riau.

Dia mengatakan, pembangunan jembatan yang diberi nama Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah ini merupakan salah satu proyek multiyears yang pekerjaannya dimulai sejak 2009, dan baru selesai pengerjaannya pada tahun 2019.

"Sepuluh tahun berjalan dengan berganti-ganti Gubernur Riau, dan baru dilanjutkan pada periode Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Alhamdulillah pada hari ini jembatan ini kita resmikan," ungkapnya.

Pantauan, peresmian dimulai pukul 09.00 WIB, kala itu hujan lebat mengguyur Kota Pekanbaru.
Usai melakukan peresmian Jembatan Siak IV, Gubri dan rombongan melanjutkan memotong pita di fyover simpang SKA. Saat itu Gubri memberikan kehormatan kepada mantan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman untuk memotong pita tanda diresmikannya dan dilaluinya flyover.

Sedangkan di flyover Simpang Pasar Pagi Arengka, Walikota Pekanbaru, Firdaus MT diberi kehormatan memotong pita.

Turut hadir pada acara peresmian tersebut, Ketua DPRD Riau, Septina Primawati Rusli, ketua MKA LAM Riau, Al Azhar, Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, tokoh masyarakat, unsur Forkopimda, dan undangan lainnya.

Apresiasi
Saat berpidato pada prosesi peresmian tiga proyek strategis tersebut Gubri, secara khusus mengapresiasi mantan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, yang telah mewujudkan pembangunan infrastruktur yang ada di wilayah Riau, dan sudah bisa dinikmati oleh masyarakat Riau, Pekanbaru khususnya.

“Sejak tahun 2008 yang lalu dibangian dan mangkrak pada tahun 2012, barulah terwujud pada tahun 2018 dan dinikmati tahun ini. Terimakasih pak Andi Rachman, yang telah mewujudkan pembangunan di Riau. Jembatan ini sudah bisa dinikmati masyarakat,” ujar Gubri.

Sementara itu, Arsyadjuliandi Rachman mengaku bersyukur dengan telah diresmikannya jembatan dan dua flyover. Ia melanjutkan pembangunan jembatan Siak IV, setelah mendapatkan persetujuan dari Kejati, BPKP, BPK dan KPK. Jembatan tersebut sangat bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi di Riau.

“Jembatan ini juga sangat bermanfaat dalam menyambung akses ke beberapa daerah, seperti ke Pelalawan, Rohil Siak. Apalagi ke depan dilanjutkannya jalan lintas ke Siak melalui Okura, tentu akan mempersingkat waktu ke daerah yang asa di seberang Pekanbaru,” tambah Andi Rachman.
Andi pun berharap semua pembangunan yang ada ini bermanfaat bagi masyarakat. Untuk meningkat perekonomian di Riau.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau, Dadang Eko Purwanto mengatakan, keinginan membangun flyover itu sudah lama sejak dilakukan pembangun flyover simpang jalan Sudirman - Tuanku Tambusai dan simpang jalan Sudirman - Harapan Raya. Namun bisa terwujud sekarang.

"Karena keinginan Pak Andi sangat kuat untuk membangun flyover itu, karena melihat dari kondisi saat itu simpul di persimpangan itu benar-benar macet, maka perlu ada solusi untuk mengatasi kemacetan dengan membangun flyover," katanya.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru, Firdaus, MT, mengatakan, dengan diresmikannya Jembatan Siak IV, akan memberi kekuatan terhadap percepatan pembagunan kawasan Meranti Pandak.
Untuk kawasan yang dimaksud sudah dirancang menarik yang akan menjadi kawasan Super Blok.

Bahkan Wako menyebut, investor sudah banyak yang mengantre menanamkan investasi termasuk Transmart. Merupakan salah satu anak perusahaan dari Trans Retail."Transmart yang ada sekarang itu kecil, nanti kalau jadi perusahaan itu akan bangun yang lebih besar di kawasan Meranti Pandak," ujarnya," (ckc, nur, her, rtc)

Editor: redaktur haluan

Tags

Terkini

Riesca Rose: Saya Bukan Selingkuhan Sule!

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:10 WIB
X